Menelusuri "Sungai Wiski" di Skotlandia

Sungai Ayr, Skotlandia
Sumber :
  • www.ayr.org

VIVAlife - Sungai Ayr di Skotlandia, mulanya berwarna biru indah. Alirannya membentang sepanjang 65 kilometer. Ia disebut-sebut sungai terpanjang di Skotlandia.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun mendadak, sungai itu berubah menjadi lautan cokelat keemasan. Itu terjadi setelah sebuah insiden unik dilakukan Glen Catrine Bonded Warehouse.

Perusahaan minuman beralkohol itu menumpahkan wiski sebanyak 27,5 ribu liter. Alhasil, Sungai Ayr berubah menjadi sungai minuman keras. Tumpahan wiski yang setara dengan 7.143 botol itu memiliki kandungan alkohol hingga 67 persen.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Meski tak diketahui apakah wujud wiski yang tumpah dalam bentuk jadi atau masih bahan mentah, dipastikan ekosistem sungai dan sekitarnya akan rusak akibat kejadian itu.

Sebenarnya, bagaimana wiski sebanyak itu bisa tumpah? Mengutip laman Scotsman, ada kesalahan komputer yang terjadi. Saluran penyimpanan pun terbuka. Dari truk kontainer, puluhan ribu whisky itu mengalir ke tempat penyimpanan yang sudah terisi penuh.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menurut pihak yang berwenang, terdapat beberapa kesalahan saat proses pemindahan. Seakan mempertegas, ditemukan bahwa alarm batas isi pada tangki ternyata tak terhubung.

Selain itu, tangki pelindung yang seharusnya menampung tumpahan ternyata sedang dibuka karena air hujan yang masuk.

Akibatnya, Glen Catrine Bonded Warehouse Limited didenda sekitar US$2,4 juta atau setara Rp29 miliar. Perusahaan itu sendiri sudah berdiri sejak 30 tahun lalu. Tiap tahunnya, ia memproduksi sekitar 36,5 juta botol dengan beragam minuman beralkohol, seperti wiski, vodka, gin, rum, dan brandy. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya