Suami Istri Norwegia Menangkan Hadiah Nobel Fisiologi

Sebuah layar menampilkan pemenang Hadiah Nobel bidang Fisiologi.
Sumber :
  • REUTERS/Bertil Ericson

VIVAnews - Ilmuwan Inggris John O'Keefe dan Norwegia pasangan suami istri May-Britt Moser dan Edvard Moser memenangkan Hadiah Nobel 2014 bidang Fisiologi, untuk penemuan sistem "GPS" otak. Mereka juga memperoleh hadiah sebesar US$ 1,1 juta.

Penemu Obat Herbal China Raih Nobel Kedokteran

Menurut pernyataan resmi Majelis Nobel di Institut Karolinska Swedia yang dikutip Reuters, Senin, 6 Oktober, penemuan tiga ilmuwan itu berhasil memecahkan masalah yang menjadi pertanyaan para filsuf dan ilmuan selama beberapa abad.

Penemuan itu menjawab bagaimana otak manusia berhasil memetakan ruang angkasa yang rumit. Dua ilmuwan Norwegia kini masuk dalam daftar ekslusif pasangan suami istri yang berhasil memenangkan Hadiah Nobel.

Bisa Perbaiki DNA, Tiga Ilmuwan Ini Dapat Nobel Kimia

Pasangan lain dalam daftar itu antara lain ilmuwan legendaris Pierre Curie dan Marie Curie yang berhasil menemukan unsur radioaktif radium dan polonium pada 1898.

"Pengetahuan tentang sistem penentuan posisi pada otak, dapat membantu kita memahami mekanisme yang mendasari demensia atau kehilangan ingatan yang mempengaruhi manusia dalam penyakit Alzheimer," demikian pernyataan Majelis Nobel.

Nobel Fisika Jatuh ke Ilmuwan Jepang dan Kanada

O'Keefe adalah Direktur Pusat Penelitian Sistem Syaraf dan Prilaku di Universitas London. Fisiologi adalah bidang pertama yang diumumkan dalam penyerahan Hadiah Nobel. Hadiah untuk pencapaian dibidang sains, literatur dan perdamaian pertama kali diberikan pada 1901, sesuai keinginan penemu dinamit dan pengusaha Alfred Nobel.

Bitcoin, salah satu dari Cryptocurrency, yang memanfaatkan Blockchain.

Penggagas Bitcoin Diusulkan Terima Nobel

Sayangnya hanya sedikit informasi terkait Satoshi Nakamoto.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015