XL Uji Coba Teknologi Teranyar di 5 Titik di Jakarta

XL uji coba layanan 4G LTE
Sumber :
  • XL.co.id

VIVAnews - XL Axiata mulai menginisiasi sebagai operator telekomunikasi dengan memasuki layanan jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Meskipun layanan baru tersebut masih promo, namun XL Axiata tak memungkiri ini menjadi langkah untuk memasuki jaringan yang sebenarnya.

"Ini bukan peluncuran, tapi trial promo 4G-LTE jadi belum bisa dipasarkan secara komersil (saat ini)," ujar Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi di Jakarat, Selasa 28 Oktober 2014.

Diketahui, LTE merupakan teknologi telekomunikasi terbaru yang mempunyai keunggulan pada kecepatan, efisiensi jaringan, coverage layanan, dan lainnya.

Uji coba layanan ini, kata Hasnul, bisa dilakukan di lima lokasi, seperti Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, dan Graha XL.

"Ini komitmen XL untuk memberikan layanan dan pengalaman masyarakat dalam merasakan teknologi mobile 4G LTE dengan kecepatan hingga 100 Mbps," ungkap dia.

Penerapan layanan baru yang terbatas ini, dikatakan Hasnul, merupakan awalan. Dia berharap XL bisa memperluas layanan ini ke kota lainnya secara bertahap.

Dalam pemilihan lokasi ini, didasarkan pada beberapa pertimbangan yakni permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, besaran nilai investasi, dan lainnya.

"Nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G-LTE ini, sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun 2014 mencapai sekitar Rp7 triliun," jelas Hasnul.

Hasnul melanjutkan, pelanggan yang ingin merasakan sensasi layanan tersebut, dapat mengunjungi 5 wilayah yang tersebut di atas. Untuk Kota Kasablanka, satu gedung ini diklaim telah diselimuti jaringan 4G LTE.

Nantinya pelanggan akan mendapatkan simcard khusus 4G secara gratis yang bisa digunakan sampai Desember tahun ini. Namun, untuk menikmati layanan ini, perangkat atau handset pengguna harus sudah didukung jaringan 4G LTE.

LTE merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi ke-4. LTE disebut-sebut memiliki keunggulan pada kecepatan, efisiensi jaringan, coverage layanan, dan lain sebagainya. Dengan keunggulan yang ditawarkan tersebut, pelanggan akan mendapatkan manfaat antara lain seperti kemudahan dan kecepatan akses layanan data baik upload/download konten berkapasitas besar seperti foto/video, dan content-content lainnya.

Pelanggan layanan data/internet XL saat ini mencapai sekitar 32 jutaan atau 51 persen dari total pelanggan. Adapun total pelanggan XL hingga saat ini sekitar 62,9 juta. Hingga saat ini XL juga telah melakukan modernisasi seluruh jaringannya dan telah tuntas pada tahun 2013 yang lalu. Selain itu, XL saat ini juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optic sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 47 ribu (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, jaringan XL telah siap dipergunakan untuk mengimplementasikan layanan Hotrod 4G-LTE. Saat ini, XL tengah menunggu kebijakan pemerintah untuk menggunakan teknologi netral di frekuensi 1.800 MHz agar bisa memperluas layanan tercanggih tersebut.

Hujan Deras, 6 Kecamatan di Tangerang Terendam Banjir

Bersamaan dengan peluncuran layanan mobile 4G-LTE ini, XL juga memperkenalkan logo baru perusahaan. Logo baru dengan nuansa warna kuning dan hijau, dengan latar belakang warna biru ini merupakan tonggak sejarah baru bagi XL di usia ke-18 tahun dalam melayani masyarakat Indonesia. Spirit logo baru ini adalah XL akan lebih dinamis, responsive dan inovatif dalam memberikan kualitas layanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia.

Dukungan Menkominfo

5 Unit Militer Israel Langgar HAM, AS Pertimbangkan Sanksi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyambut baik inisiasi XL Axiata untuk mencoba jaringan 4G LTE. Bahkan, ia menantang operator telekomunikasi untuk melakukan hal yang serupa.

"Segera lakukan, karena berlomba itu baik. Pemerintah akan mendukung," ungkap Rudiantara di tempat yang sama.

Namun, menurutnya, sebelum melakukan penerapan jaringan baru itu, operator tersebut harus melapor terlebih dahulu kepada Kominfo. Pasalnya ini menyangkut regulasi. Laporan itu akan dijadikan pegangan bagi Kominfo sebelum membuat kebijakan mengenai jaringan 4G LTE.

"LTE sudah menjadi suatu keniscayaan. Tidak bisa tidak," jelas Rudiantara.

Rudiantara melanjutkan, hal ini dikarenakan 4G LTE memiliki keunggulan seperti halnya efiesiensi pada industri.

"Trial ini akan menjadi masukan pada regulasi yang mendukung ini semua, ujung-ujung kepada masyarakat kok," jelas dia.

Ketika ditanya kapan pengguna akan merasakan teknologi 4G LTE itu akan diterapkan oleh Kominfo, Rudiantara mengatakan segera mungkin. "Lebih cepat lebih bagus," ucapnya. (ita)

Pemain Timnas Indonesia U-23  Muhammad Ferarri

Cek Fakta: Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan Diulang karena Wasit Curang

Sejumlah channel YouTube membagikan vidoe bernarasi pertandingan Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Paila Asia U23 bakal diulang karena keputusan kontroversial wasit.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024