Menko Sofyan: 2019, Semua Rakyat Harus Dapat Air Bersih

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVAnews
Akses Air Daerah Terpencil Akan Diperbanyak
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, mengumpulkan para pemangku kepentingan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 9 Januari 2015. Rapat tersebut membahas sumber daya air (SDA).

Kini Limbah Berbahaya Bisa Terdeteksi dengan Alat

"Rapat ini membahas strategi pemanfaatan sumber daya air," kata Sofyan. Dia mengatakan, pemerintah saat ini menargetkan peningkatan air bersih dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) 2019. Saat itu, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia sudah terjangkau air bersih.
BUMN Ini Ubah Air Limbah Jadi Bersih


Lalu, pemerintah juga akan bangun puluhan daerah aliran sungai (DAS) guna menjamin ketersediaan air bersih untuk air minum dan irigasi. "Misalnya, di masa yang akan datang, Indonesia bisa menjadi negara industri, mudah-mudahan kebutuhan air untuk industri tersedia," kata dia.


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga mengatakan agenda hari ini membahas SDA. Tapi, Ganjar tak tahu apa yang hendak dibahas.


"Tidak tahu mau di-
briefing
apa. Mau tahu politik air ke mana. Prinsipnya, pengelolaannya ada di hulu dan hilir," kata dia, di tempat yang sama.


Selain Ganjar dan Sofyan, rapat tersebut juga dihadiri oleh Menteri Kehutanan, Siti Nurbaya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. (ren)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya