Google Dikabarkan Tertarik Internet Satelit SpaceX

CEO SpaceX Elon Musk
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni/Files

VIVA.co.id - Google dikabarkan tertarik dengan rencana pengembangan internet melalui satelit yang akan dilakukan perusahaan antariksa swasta, Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX).

Dilansir Cnet, Selasa 20 Januari 2015, perusahaan teknologi tersebut sedang dalam pembicaraan kesepakatan investasi yang belum mencapai kata deal sekitar US$10 miliar untuk memberikan akses internet melalui satelit.

Seperti diketahui, Elon Musk, pemimpin SpaceX, mempunyai ambisi untuk memberikan pasokan layanan internet kepada astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan menggunakan satelit komersial. Pada November lalu, Musk dikonfirmasikan akan membangun dan menyebarkan 700 satelit dengan berat kurang dari 250 pon, sehingga internet akan menjadi murah dan menyebar di seluruh dunia.

Sementara, kini SpaceX berhasrat menerbangkan sekitar 4.000 satelit untuk mengorbit Bumi dengan ketinggian mencapai 750 mil. Dalam ambisinya itu, perusahaan tersebut akan melakukan secara bertahap dalam jangka waktu lima tahun dengan biaya sekitar US$10 miliar.

Rencana yang dilakukan SpaceX ini ditujukan tidak hanya untuk akses internet yang murah tapi internet yang dapat menjangkau wilayah pedalaman, dibandingkan penyebaran melalui darat.

Namun, menanggapi kabar tersebut, baik Google maupun SpaceX belum mau berkomentar lebih.


BACA JUGA:

Bos SpaceX Bersiap Uji Coba 4.000 Satelit Internet

Ini Alasan Google Investasi di Satelit Internet
Satelit SMAP

Airbus Bikin 900 Satelit Internet Luar Angkasa

700 unit akan diluncurkan 2018.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2015