Ini Negara-negara Berpenduduk Paling Tambun di Dunia

Ilustrasi timbangan berat badan
Sumber :

VIVA.co.id – Sebuah survei yang baru saja dirilis Universitas Oxford, Inggris, menyebutkan daftar negara dengan penduduk berpenduduk tergemuk di dunia. Kendati hasilnya sudah bisa diprediksi, para peneliti tetap terkejut dengan betapa banyaknya jumlah penduduk dunia yang menderita obesitas.

Survei itu merangking penduduk di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Timur Tengah sebagai wilayah dengan epidemi obesitas. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata indeks massa tubuh para penduduk di negara-negara itu, lebih dari 30.

Dari hasil survei juga, diketahui bahwa penduduk Kepulauan Pasifik, di timur Australia, merupakan negara dengan jumlah penduduk obesitas terbanyak. Sementara Amerika Samoa memiliki persentase penduduk obesitas hingga 75 persen.

Universitas Oxford menyebut kebanyakan negara-negara di Afrika dan Asia, kecuali Timur Tengah, memiliki level obesitas yang rendah. Hal tersebut berkaitan dengan diet harian warga di kedua benua tersebut yang terdiri dari ikan segar, sayur dan buah, kontras dengan diet benua lain yang terdiri dari gula, tepung, ikan dan daging kalengan, juga sayur serta buah kalengan, yang banyak mengandung gula.

“Asupan nutrisi penduduk di negara-negara Barat lebih banyak mengandung gula dan miskin serat. Itulah yang menyebabkan mereka menderita obesitas,” ujar peneliti Oxford, Professor Stanley Ulijaszek, dikutip Daily Mail.

Dari hasil survei yang dipublikasikan dalam Journal of Development and Social Transformation, bisa terlihat bahwa baik Amerika Serikat dan Arab Saudi, 33 persen populasinya, dianggap obesitas. Sementara level obesitas Australia dan Inggris mencapai angka 27 persen. Selanjutnya, negara dengan penduduk tertambun dimiliki Prancis, Italia dan Swedia dengan jumlah 10 persen.

Adapun, negara yang dianggap berpenduduk terkurus adalah Bangladesh dan Ethiopia dengan level obesitas hanya 1 persen.

Pakar nutrisi Katrina Mather menyebutkan tingkat obesitas di negara-negara di dunia sudah semakin mengkhawatirkan. Pasalnya, dari fakta tersebut, menyusul banyak penyakit turunan yang menyerang mereka yang bertubuh plus, seperti diabetes atau penyakit jantung serta pembuluh darah.

Berikut merupakan daftar negara dengan penduduk tergemuk di dunia versi Universitas Oxford:

1.    Amerika Serikat     33 persen
2.    Arab Saudi            33 persen
3.    Meksiko                 32,1 persen
4.    Afrika Selatan        31,3 persen
5.    Argentina              29,7 persen
6.    Inggris                  26,9 persen
7.    Australia               26,8 persen
8.    Spanyol                26,6 persen
9.    Rusia                    26,5 persen
10.    Jerman               25,1 persen       

Awas, Kurang Minum Tingkatkan Risiko Obesitas

Baca juga:





Risiko Kebocoran Usai Operasi Potong Lambung
Obesitas pada anak

Obesitas pada Anak Jangan Dianggap Lucu

Gemuk berlebihan berisiko buruk bagi kesehatan anak.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016