Jatuh Sakit, Waldjinah Harus Pakai Kursi Roda

Waldjinah
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq Solo

VIVA.co.id - Penyanyi keroncong legendaris Waldjinah kembali jatuh sakit. Ia mengalami gangguan usus dan pencernaanya. Lantaran sakit, pelantun Walang Kekek ini harus istirahat total. 

Ari Mulyono, putra Waldjinah menceritakan saat ini ibundanya sakit dan dirawat secara home care. Setiap dua hari sekali, ada perawat untuk memantau kesehatan dari pelantun Tanjung Perak ini.

"Usus dan pencernaan ibu terganggu. Kadang sehari atau dua hari, nggak mau makan. Nanti sehari lagi baru mau makan. Kalau pas nggak mau makan, nanti saya kasih susu. Kalau untuk jalan jauh sudah nggak bisa, harus pakai kursi roda," ujar Ari Mulyono.

Kegiatan Waldjinah saat ini benar-benar lepas dari kegiatan menyanyi. Setiap hari Waldjinah mengisi kegiatannya hanya dengan istirahat, duduk sambil nonton televisi. Acap kali Waldjinah juga berjemur di pagi hari di depan rumah.

"Ibu juga sering mendengarkan lagu-lagu yang pernah dinyanyikannya. Mungkin sebagai kangenan juga. Lagu-lagu itu saya dapat dari studio rekaman Lokananta. Jadi masih lagu asli, lagu lawas-lawas milik Ibu, " ujar Ary Mulyono.

Ary Mulyono mengakui ibunya memang seharusnya istirahat dan tidak menyanyi kembali. Ibunya yang sudah melakoni kegiatan nyanyi lebih dari 50 tahun harus istirahat. Tapi tidak dipungkiri, masih banyak tawaran datang kepada Waldjinah untuk menyanyi kembali.

"Ibu memang harus istirahat. Kemarin saja ada tawaran untuk menyanyi dan akan dipasang kan dengan Sundari Soekotjo, tetapi nggak bisa arena kondisi kesehatan ibu nggak memungkinkan. Kemarin pas perayaan malam Tahun Baru ada undangan nyanyi, tetapi ibu nggak nyanyi cuma duduk saja," urai Ari.

Waldjinah terakhir nyanyi saat akhir tahun 2013. Ia menyanyi dalam acara pemecahan rekor Muri 1.000 lagu keroncong di Semarang.

Waldjinah Kangen Salat Ied Bersama

"Setelah itu, ibu sudah stop nyanyi," tuturnya.

Baca juga:

Anang Hermansyah Kunjungi Waldjinah yang Terbaring Sakit

Waldjinah Minta Jokowi Buat Kebijakan Lestarikan Keroncong

Waldjinah Minta Jokowi Buat Kebijakan Lestarikan Keroncong

"Saya berharap Pak Jokowi ngelingi musik keroncong."

img_title
VIVA.co.id
8 November 2015