Mengenang Djujuk, Primadona Srimulat

Djudjuk Djuariah
Sumber :
  • wikipedia
VIVA.co.id -
Ini Keinginan Djujuk 'Srimulat' yang Belum Terwujud
Grup lawak Srimulat harus kembali kehilangan anggota seniornya. Pelawak legendaris Srimulat, Djujuk Djuwariah, meninggal dunia, Jumat, 6 Februari 2015 akibat kanker rektum stadium empat yang dideritanya.

Djujuk Srimulat Dapat Penghargaan Nasional?

Djujuk dikabarkan tak lagi bernyawa sekitar pukul 15.00 WIB. Banyak hal yang menjadi kenangan, selama Djujuk masih hidup. Namanya sangatlah dikenal di dunia hiburan Tanah Air. Lewat sebuah komedi lawak bernama Srimulat, nama Djujuk berkibar.  
FOTO: Kesedihan Keluarga Djujuk Srimulat


Bahkan, peranannya dalam industri hiburan di Indonesia tidak dapat dilepaskan. Ia adalah salah satu dari sekian banyak pelawak yang menjadi primadona di dunia hiburan.


Awal kariernya diawali dari kiprahnya menari, karena berasal dari keluarga yang tidak mampu, maka ia tidak dapat mengikuti pelajaran tari yang diadakan di sanggar-sanggar tari. Minat belajar yang tinggi membuat Djujuk untuk terus mempelajari tari.


Darah seni memang sudah mengalir di darah Djuwariah nama asli Djujuk. Bapaknya yang juga seorang pimpinan karawitan selalu memotivasi dan membuatnya tertarik untuk mengikuti jejak ayahnya masuk ke dunia seni.


Penari Jawa

Djujuk mengawali karier di dunia seni dengan menari dan menyanyi, bahkan ketika SMA ia juga menjadi salah satu vokalis dalam sebuah band yang didirikan bersama teman-temannya semasa itu.


Bergabungnya Djujuk di Srimulat merupakan sebuah kebetulan, ia mengawali kiprah di dunia seni lawak sebagai seorang penari Jawa.


Dukungan keluarga, baik dari ayah dan ibunya serta bimbingan dari Teguh Slamet Rahardjo --suaminya yang juga pimpinan grup lawak Srimulat, mampu mengantar Djujuk menjadi seorang primadona di dunia hiburan lawak. Bukan hanya namanya yang dikenal luas masyarakat, namun juga Srimulat yang saat ini masih menggaung di telinga masyarakat.


Namun sekarang ini, nama Djujuk maupun Srimulat sudah tidak setenar dulu. Lama-kelamaan dengan segala modernitas dan budaya berkembang, gaya lawakan Srimulat sudah tidak begitu diminati masyarakat. Namun, perjuangan dan keinginannya untuk kembali membangkitkan grup Srimulat masih tetap ada sampai sekarang.


Dulu, Djujuk pernah berbisnis, ia pernah menjalankan bisnis tata rias. Namun, beberapa tahun lalu berhenti karena tak punya banyak waktu. Setelah itu, dia memperlancar bisnis kafe yang digelutinya sejak enam bulan sebelumnya.


Selamat Jalan Djujuk

Kini, kiprah Djujuk di dunia hiburan Tanah Air tinggal kenangan. Djujuk Djuwariah telah berpulang. Ia mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Dr. Sardjito, Yogyakarta, Jumat 6 Februari 2015 sekitar pukul 15:00 WIB.


Menurut informasi dari putra Djujuk, Koko, ibunya meninggal akibat penyakit kanker usus stadium 4. Pelawak legendaries Srimulat itu sudah sejak lama menderita penyakit tersebut. Namun, diagnosa baru dilakukan beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, dia sempat menjalani pengobatan di Solo dan Singapura.


Sebelum berpulang, kondisi Djujuk terlihat lemah dan tidak nafsu makan. Dia akan dikebumikan di Solo, jenazah dibawa ke rumah duka Jalan Sri Gunting No. 5 Manahan, Solo. Djujuk meninggal di usia 67 tahun, dia lahir di Solo, 20 Maret 1947. (art)


Laporan: Nuvola Gloria
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya