'Peninggalan Terakhir' Djujuk Srimulat

Lukisan Djujuk
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq Solo

VIVA.co.id - Komedian senior Srimulat, Djujuk Djuwariah ternyata memiliki hobi baru sebelum meninggal. Komedian yang akrab disapa Djujuk 'Srimulat' itu dalam beberapa bulan terakhir hobi melukis bunga.

Ini Keinginan Djujuk 'Srimulat' yang Belum Terwujud
Hal tersebut diungkapkan salah satu sahabat dari putra-putri Djujuk Srimulat, Retno Wulandari. Diceritakan dia, sejak lama hobi yang sering dilakukan Djujuk adalah bercocok tanam dan memasak. Akvititas tersebut hampir dilakukannya dikala waktu senggangnya di rumah.

Djujuk Srimulat Dapat Penghargaan Nasional?
"‎Mama (Djujuk) itu bercocok tanam ya di halaman rumah ini. Sedangkan hobi memasaknya itu paling suka masak masakan jawa. Bahkan, setengah tahun lalu, mama sempat mengantarkan masakan opor ayam ke rumah saya," kata Retno yang berteman akrab dengan keempat putra-putri Djujuk.

FOTO: Kesedihan Keluarga Djujuk Srimulat
Kemudian, Retno mengungkapkan selain hobi memasak dan bercocok tanaman, ternyata pada akhir-akhir ini sang komedian Srimulat itu juga menemui hobi melukis. Aktivitas melukis itu dilakukan sejak Djujuk mulai sakit pada beberapa bulan terakhir.

"Saat aktif melukis itu mama sudah mulai sakit-sakitan. Nah, saat saya mengantar kue pada saat Natal lalu, mama mempamerkan beberapa karya lukisannya di ruang utama keluarga," kata dia mengenang.

Hampir semua lukisan karya Djujuk, kata Retno bermotif bunga. ‎Bahkan, saking konsentrasinya melukiskan bunga-bunga itu, Djujuk sempat ambruk sakit karena terlalu fokus melukis. "Meskipun sudah sakit tapi mama tetap ingin melukis. Mungkin terlalu konsentrasi saat melukis, waktu kapan itu sempat jatuh sakit," ucapnya.

Kini lukisan-lukisan bunga karya Djujuk itu tersimpan di salah satu ruang di kediaman sang komedian yang beralamat di Jalan Sri Gunting V No 2, Gremet, Manahan, Solo. Lukisan tidak dipasang di ruang tamu atapun ruang keluarga, namun hanya diletakkan di salah satu kamar.

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya