VIDEO: Ponsel Pintar Khusus untuk Difabel

Ponsel pintar khusus penyandang disabilitas
Sumber :
  • www.jta.org

VIVA.co.id - Ponsel pintar telah menjadi kebutuhan semua orang, termasuk kaum penyandang disabilitas. Perusahaan Israel, Sesame Enable, menciptakan ponsel pintar yang dikhususkan memudahkan para penyandang diabilitas saraf, yang mana tak bisa menggunakan tangan mereka.

Melansir The Hindu, Senin 23 Februari 2015, ponsel pintar Android yang diciptakan Sesame Enable dikhususkan bagi penderita cedera saraf tulang belakang,  amyotrophic lateral sclerosis (ALS), lumpuh otak dan kondisi lain yang melumpukan tangan pengguna.

Ponsel besutan Sesame memungkinkan bisa mengoperasikan ponsel tanpa menggunakan tangan alias hands free.

Sesame membenamkan ponselnya dengan sensor gerakan kepala, yang menggantikan fungsi kursor pada perangkat komputasi konvensional.

Ponsel khusus tersebut dilengkapi dengan algoritma komputer canggih dan kamera depan yang melacak gerakan kepala pengguna.

Salah satu pendiri Sesame, Giora Livne, yang menderita cacat saraf sejak mengalami kecelakaan sembilan tahun lalu, menceritakan awal mula tercetus keinginan membuat ponsel pintar khusus.

Livne mengaku ingin memberikan kado khusus bunga bagi bagi istrinya.
Mengingat kemampun fisiknya terbatas, Kemudian ia tercetus ingin membuat ponsel guna mewujudkan keinginannya. Ia mengaku butuh tiga tahun untuk membuat ponsel Sesame.

Ponsel khusus ini dibuat dari Nexus 5 dengan dilengkapi teknologi pelacak kepala.

Melalui perusahaannya, Livne berhasil merancang 30 ponsel khusus. Rencananya semua ponsel itu akan disumbangkan pada para penyandang diabilitas sekitar lingkungannya.

Mengenai ide teknologi pelacak kepala, ia mengaku terinspirasi saat melihat demo permainan yang dikendalikan denghan gerakan kepala di TV.

Lalu, dengan bekal keahliannya dalam bidang teknik listrik, Livne menciptakan sensor gerakan kepala untuk membantu dirinya dan orang lain.

Berkat kegigihannya itu, Livne kini bisa mengirimkan SMS, WhatsApp secara teratur kepada teman-teman dan ketiga anaknya. Livne kini juga bisa menelepon secara mandiri dan mengurangi ketergantungan pada orang lain.

Ponsel ini belum lama ini memenangi penghargaan Verizon Powerful Answer Award dengan hadiah US$1 Juta.

Masuk Zona Bahaya Ketika Liburan, Tekan Tombol Ini



Baca juga:

Penggunaan Dompet Digital Semakin Populer
Dua ponsel buatan Samsung dan Apple

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Oppo di posisi empat, Xiaomi merangsek masuk kembali

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016