Lenovo Sediakan Tool Permudah Uninstal Superfish

Gedung kantor Lenovo
Sumber :
  • linformaticien.com
VIVA.co.id -
Bos Lenovo: Kami Kapok, Tak Mau Kirim Superfish Lagi
Sejak diketahui memiliki perangkat yang berpotensi merugikan pengguna, Lenovo terus memperbaiki kesalahannya. Kali ini, mereka menyediakan tool yang bertujuan mempermudah pengguna untuk meng-uninstal Superfish.

Tanggapan Lenovo Soal Laptop Disusupi Malware Superfish

"Setidaknya ada dua langkah tambahan yang kami ambil untuk membantu mengatasi kekhawatiran pengguna mengenai Superfish. Pertama adalah menyediakan tool untuk menghapus Superfish, dan juga bekerja sama dengan perusahaan antivirus untuk mengkarantina software itu," jelas pihak Lenovo dalam keterangannya, Senin 23 Februari 2015.
Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala


Penghapusan secara manual telah disediakan Lenovo secara online. Pengguna dapat mengaksesnya
. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan McAfee dan Microsoft untuk mengkarantina atau menghapus software Superfish dan sertifikatnya.


"Kami telah memerintahkan penginstalan Superfish dihentikan dan koneksi server diputus pada Januari 2015 karena adanya keluhan pengguna mengenai pengalaman mengunakan produk. Meskipun demikian, hingga kemarin kami tidak mengetahui adanya potensi kerentanan keamanan tersebut. Saat ini kami fokus untuk mengatasi masalah ini," ujar pihak Lenovo.


Meski begitu, Lenovo menegaskan jika isu ini sama sekali tidak berdampak pada produk ThinkPad, tablet, desktop maupun smartphone, atau server dan perangkat penyimpanan untuk enterprise.


Dijelaskan pihak Lenovo, Superfish adalah murni berbasis kontekstual/image dan bukan berbasis perilaku. Artinya, software ini tidak melakukan profiling atau memantau perilaku pengguna.


"Dia tidak merekam informasi pengguna. Dia tidak mengetahui siapa penggunanya. Pengguna tidak dilacak atau menjadi target ulang. Setiap sesi independen. Pengguna diberi pilihan untuk menggunakan produk ini atau tidak. Kami manyadari bahwa software ini tidak memenuhi tujuannya dan kami telah melakukan tindakan cepat dan tegas untuk menghapus software ini dari produk-produk kami," papar mereka. (one)



Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya