Pesawat Tenaga Surya Solar Impulse 2 Pecahkan Rekor

Solar Impulse 2 Tiba di Muscat
Sumber :
  • REUTERS/Jean Revillard/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya
- Pesawat tenaga surya yang menjalankan misi mengelilingi dunia, Solar Impulse 2 telah memecahkan rekor. Pesawat yang mengandalkan sinar matahari itu berhasil melampaui catatan terbang pesawat Solar Impulse 1.

Pecahkan Rekor, Baterai Pesawat Solar Impulse 2 Jadi Tumbal

Sejak diluncurkan awal pekan ini dari Abu Dhabi, pesawat Solar Impulse 2 telah tiba di Ahmedabad, India barat pada Selasa lalu. Ketua Proyek dan salah satu pilot Solar Impulse 2, Bertrand Piccard mengatakan total dalam penjelajahnya telah menempuh 1.468 kilometer.

Rekor itu mengalahkan pencapaian terpanjang dari pesawat Solar Impulse 1 yang telah terbang 1.386 kilometer di seluruh Amerika Serikat.

Dikutip Channel News Asia, Kamis, 12 Maret 2015, pada Selasa lalu, Solar Impulse 2 telah mendarat dengan lancar di bagian barat Gujarat siang waktu setempat setelah lepas landas dari Muscat, Oman. Dari Oman ke India itu, pesawat dengan dua awak itu itu menempuh total 16 jam perjalanan.

Meski diklaim telah memecahkan rekor terbang terjauh untuk pesawat bertenaga surya, namun catatan itu harus dikonfirmasi oleh badan penerbangan internasional (Federation Aeronautique International/FAI).

Setelah sukses mencapai perjalanan di India, pesawat yang mengandalkan 17 ribu sel surya pada sayap itu akan menghadapi tantangan saat melintasi Samudera Pasifik yaitu dari Nanjing, Tiongkok ke Hawaii, Amerika Serikat, yang jaraknya mencapai 8.500 kilometer.

Untuk melalui tantangan ini tidaklah mudah, sebab pesawat dijadwalkan akan terbang selama lima hari tak henti.

Pesawat Solar Impulse 2 yang memiliki bentang sayap hingga 72 meter dijadwalkan menjalani misi keliling dunia dengan catatan penerbangan 35 ribu kilometer dan akan melintas dua samudera. Misi ini akan melalui 12 tahapan dan membutuhkan total 25 hari penerbangan dalam waktu lima bulan.

Menurut jadwal misi, setelah lepas landas dari Abu Dhabi, pesawat surya ini akan menempuh rute ke timur, melalui Oman, India, Myanmar, Tiongkok, kemudian melintasi Samudera Pasifik, Hawaii, Amerika Serikat. Setelah itu menyeberang Samudera Atlantik, ke Afrika utara atau selatan dan kembali lagi ke Uni Emirat Arab.

Misi penerbangan keliling dunia ini adalah untuk kampanye teknologi bersih. Menurut jadwal, pesawat Solar Impulse-2 akan transit di berbagai tempat di dunia untuk beristirahat dan merawat pesawat.

Solar Impulse 2 Lalui Setengah Penerbangan Menuju Hawaii
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya