Jawab Lima Pertanyaan Ini Sebelum Berhenti Kerja

Ilustrasi berhenti dari pekerjaan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak hal patut dipertimbangkan sebelum seseorang memutuskan berhenti kerja. Mulai dari keluarga hingga bagaimana cara membayar cicilan.

Sepuluh Alasan Berhenti Kerja yang Baik

Ada baiknya berhenti bekerja tidak didasari oleh emosi. Pertimbangkan dengan baik-baik sebelum menyerahkan surat pengunduran diri.

Namun jika Anda benar-benar sudah mantap berhenti kerja maka ada baiknya menjawab lebih dahulu beberapa pertanyaan berikut ini seperti dilansir laman USNews. Hal tersebut agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Ini Tanda-tanda Anda Harus Meninggalkan Pekerjaan

Apakah keputusan Anda didorong oleh emosi?

Ada kalanya seseorang merasa ingin berhenti kerja. Biasanya hal ini terjadi ketika mereka tengah frutasi dengan pekerjaan. Namun, hal tersebut biasanya hanya sesaat.
Terungkap, Sederet Fakta Sidang SYL yang Bikin Geleng Kepala

Sebaiknya tunggu hingga beberapa pekan agar Anda memiliki waktu untuk berpikir. Ada baiknya tidak membuat keputusan besar saat kondisi Anda tengah emosi.

Berapa lama Anda berada di pekerjaan saat ini?

Apakah Anda termasuk orang yang gemar berganti-ganti pekerjaan? Jika ya, maka sebaiknya Anda meninggalkan kebiasaan buruk itu.

Berganti-ganti pekerjaan kurang dari dua tahun akan membuat citra Anda buruk di mata perusahaan. Mereka akan berpikir Anda sebagai orang yang mudah pindah kerja.

Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk bertahan lebih lama di pekerjaan saat ini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencari pekerjaan lain?

Terkadang orang tergesa-gesa mengundurkan diri dan yakin akan memperoleh pekerjaan baru. Namun faktanya mencari pekerjaan tak semudah yang dipikirkan.

Pikirkan keuntungan dari pekerjaan Anda saat ini yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain?

Dalam setiap pekerjaan, Anda pasti akan menghadapi masalah. Hal paling penting adalah bagaimana Anda menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Sebelum memikirkan untuk berhenti kerja, ingat kembali beberapa hal baik yang Anda peroleh dari perusahaan saat ini. Apakah Anda akan mendapatkan hal yang sama di perusahaan baru nanti?

Apakah Anda pernah berbicara dengan atasan tentang apa yang membuat Anda bahagia?

Berbicara kepada atasan mengenai hal-hal pribadi kini bukan hal yang tabu lagi. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk berbicara kepada atasan mengenai masalah yang tengah Anda hadapi di kantor.

Sebagai contoh, Anda bisa mengungkapkan kepada atasan bahwa Anda harus bekerja keras karena klien yang terlampau banyak. Respons dari atasan bisa saja tidak sesuai dari yang Anda harapkan, tetapi lebih baik daripada Anda tidak bertanya sama sekali.


D![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya