Tingkat Penetrasi Asuransi Terhadap UKM Masih Rendah

PT Zurich Insurance Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia, Brian J. Berry mengatakan bahwa berdasarkan riset, usaha kecil menengah (UKM) yang hanya berjumlah 1,2 persen dari jumlah perusahaan di Indonesia, ternyata mampu menyerap tenaga kerja sekitar tujuh persen dari total tenaga kerja.

Gadis ABG Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel Jaksel, Polisi Temukan Senpi dan Alat Bantu Seks

Dia juga menyampaikan, UKM mampu memberikan kontribusi sebesar 22 persen terhadap produk domestik bruto (GDP) Indonesia.

Namun, katanya, UKM juga menghadapi tantangan dan risiko yang besar. Saat ini, Indonesia menempati ururan nomor 120 dalam hal kemudahan melakukan bisnis secara global.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Dengan kondisi seperti ini, tidak mengherankan jika UKM seringkali mengabaikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang dapat diasuransikan," ujar Brian dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Rabu 18 Maret 2015.

Brian mengungkapkan, tingkat penetrasi asuransi pada UKM masih rendah dan banyak produk yang tidak disesuaikan terhadap kebutuhan segmen UKM yang terus berkembang.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Untuk diketahui, PT Zurich Insurance Indonesia sekaligus meluncurkan Zurich Business Guard pada hari ini. Perusahaan berharap, dengan adanya asuransi ini dapat memberikan solusi perlindungan yang komprehensif dalam format yang sederhana dan mudah dipahami bagi UKM. (asp)

Baca Juga:

Parto Dijenguk Akri dan Eko Patrio

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

Parto Patrio dikabarkan masuk rumah sakit beberapa hari yang lalu, dengan foto terbarunya yang terbaring di dalam ambulans menjadi perbincangan di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024