900 Jiwa Melayang Akibat Gempa Besar Nepal

Gempa Nepal
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Diperkirakan korban tewas dalam gempa besar dan puluhan gempa susulan yang mengguncang Nepal mencapai 906 jiwa lebih. Kepolisian Nepal seperti dilansir Foxnews menyebutkan, 906 jiwa meninggal dunia di Nepal di mana 181 di antaranya adalah warga Ibu Kota Nepal, Kathmandu.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Selain di Nepal, korban meninggal juga terdapat di India sebanyak 34 orang, Tibet 6 orang, Bangladesh dua orang dan di China dua orang warga yang bermukim di perbatasan antara Nepal dengan China.
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda


Seorang warga Nepal, Pushpa Das, mengatakan, gempa yang terjadi membuat panik seisi kota. Warga berlarian keluar rumah dan memenuhi jalanan.


"Itu sangat menakutkan. Bumi bergerak. Saya menunggu untuk pengobatan, tetapi (rumah sakit) staf kewalahan," ujar Pushpa Das.


Gempa besar dengan berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) melanda Nepal sekitar pukul 11 waktu setempat. Dampak guncangan gempa terparah dirasakan di Kota Kathmandu.


Gempa tak hanya terjadi satu kali saja. Hanya dalam hitungan menit, terjadi gempa susulan dengan skala lebih kecil yakni mencapai 6,6 SR.


Gempa Nepal telah mengubah wajah negara itu. Kini Nepal porak poranda, gedung, rumah dan menara roboh menyisakan puing-puing. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya