Hilangkan Pigmentasi dengan Cara Alami

Ilustrasi krim tangan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial
- Ada banyak faktor yang menjadi penyebab pigmentasi pada kulit. Dua diantaranya adalah paparan sinar matahari dan masalah dalam memproduksi sel melanin kulit.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Sebensrnya, pigmentasi tidak mungkin untuk dihilangkan, kecuali bila Anda melakukan proses bedah atau laser. Namun Anda dapat mengurangi pigmentasi pada kulit Anda dengan mengikuti beberapa tips sederhana.

Tips Cantik dalam Tujuh Hari untuk Calon Pengantin
Berikut adalah cara kurangi pigmentasi secara alami, dilansir Magforwomen.

Kentang dan lemon

Kentang dan lemon memiliki manfaat baik untuk kulit karena mereka memiliki sifat pemutihan alami. Ambil sebagian jus kentang dan jus lemon. Aduk rata dan terapkannya pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Lakukan proses ini setiap dua hari sekali untuk mengurangi pigmentasi dan mengecilkan pori-pori di kulit Anda.

Kunyit dan yogurt

Kunyit memiliki kebaikan untuk mengurangi bekas luka pada kulit Anda. Selain itu, efektif untuk mengurangi pigmentasi. Ambil beberapa bubuk kunyit dan campurkan dengan tiga sendok makan yogurt, lalu buatlah masker dari kedua bahan ini. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Timun dan bawang

Bawang memiliki aroma yang sangat tajam, tapi ini baik untuk mengurangi bekas dan bintik-bintik di kulit Anda. Jus mentimun juga memiliki sifat pemutihan alami. Campur kedua jus ini dan oleskan pada kulit. Biarkan kering sekitar 15 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat untuk hasil terbaik. Lakukan ini setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Tomat dan minyak vitamin E

Jus tomat, secara alami dapat mengurangi bintik-bintik dan bekas berpigmen di wajah Anda. Jadi, ambil bagian dari jus tomat dan tambahkan satu sendok teh minyak vitamin E alami. Aduk rata sebelum mengaplikasikannya pada wajah Anda. Cuci wajah Anda setelah 20menit untuk hasil terbaik. Hal ini juga dapat membantu mengurangi bekas berpigmen.

lidah buaya dan oatmeal

lidah buaya juga memiliki sifat penyembuhan alami kulit. Jadi, sangat efektif untuk mengurangi bekas dan bintik-bintik pada kulit. Ambil bagian dari jus lidah buaya dan tambahkan beberapa bubuk oatmeal di dalamnya. Campurkan dan terapkan pada wajah Anda. Cuci wajah Anda setelah beberapa waktu. Anda akan melihat perubahan pada tekstur kulit Anda dan tanda berpigmen pada wajah akan memudar juga.

Jaga kulit wajah Anda

Gunakan produk yang sesuai dengan kulit Anda. Jangan gunakan produk yang keras di wajah Anda karena dapat meningkatkan pigmentasi. Gunakan make-up seminimal mungkin. Semakin sering Anda mencuci muka dengan air hangat, maka akan semakin memiliki dampak positif pada kulit wajah Anda.

Konsumsi makanan kaya gizi

Anda dapat mengurangi pigmentasi pada wajah bila memiliki makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. Mulailah membiasakan diri untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau penuh zat besi dan vitamin A. Ini membantu untuk mengurangi tanda pigmentasi pada kulit Anda.

Buah-buahan dan sayuran dengan karoten, misalnya wortel, mangga, melon merupakan sumber yang kaya vitamin A dan harus dimasukkan dalam diet Anda. Juga, masukkan banyak buah jeruk dalam diet Anda karena mengandung Vitamin C. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya