2016, Semua Desa Perbatasan di Kalimantan Terpasang BTS

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL

VIVA.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus membangun infrastruktur telekomunikasi, terutama di wilayah perbatasan. Daerah yang langsung berhadapan dengan negara tetangga tersebut menjadi perhatian pemerintah.

Demi Potensi Pulau Perbatasan, LIPI Kerahkan 23 Peneliti

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Kalimantan Barat, dan Gubernur Kalimantan Utara. Kerja sama ini terkait pembangunan Base Tranceiver Station (BTS). Pembangunan BTS di wilayah perbatasan di Pulau Kalimantan ini juga untuk menguatkan siaran TVRI dan RRI.

"MoU tersebut dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dasar teknologi informasi, guna penyebaran informasi di daerah perbatasan," ujar Menkominfo dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 20 Mei 2015.

Semua Daerah Perbatasan Ditargetkan Jadi Pintu Masuk RI

Mantan petinggi di berbagai operator ini optimis, pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah perbatasan di tanah Borneo akan rampung tahun depan.

"Pada semester dua tahun 2016 seluruh desa di perbatasan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara sudah terpasang BTS dan mendapatkan siaran TVRI dan RRI."

Pos Lintas Batas Negara akan Gunakan X-Ray

Dalam kunjungan kerja ke Kalimantan tersebut, Rudiantara sempat bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 di Balikpapan.

Pada kesempatan itu juga, ada pencanangan GEBYAR (Gerakan Bersama Ayo Kerja). Selain itu, juga dilaksanakan peresmian peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan PLTD daerah perbatasan provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya