Unik, Amerika Bangun Jembatan Khusus Tupai

Ilustrasi Tupai
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Jembatan biasanya diperuntukan bagi kendaraan atau manusia untuk melintas dari satu tempat ke tempat lain, yang dibatasi sungai, tebing, atau jalan lain. Namun, di Washington, Amerika Serikat, ada jembatan yang khusus dibuat untuk tupai.

Ketika Mal Tua Disulap Jadi Apartemen Mungil

Jembatan yang diberi nama The Nutty Narrows Bridge ini berlokasi di Kota Longview, Washington. 

Dilansir dari Amusing Planet, jembatan ini dibuat untuk mempermudah tupai menyebrang, karena biasanya, tupai hanya menyeberang melalui seutas tali dengan jarak cukup jauh dan tinggi.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Jembatan ini terletak di Olympia Way dekat Civic Center dan memungkinkan tupai untuk bergerak di antara gedung kantor Park Plaza dan taman kota di seberang jalan.

Jembatan khusus tupai di Washington. Amerika Serikat

Daftar Tempat Wisata Unik di Bali

Sebelum jembatan itu dibangun, tupai harus menghindar lalu lintas ke dan dari gedung kantor Park Plaza di mana banyak karyawan meletakkan kacang untuk para tupai.

Setelah melihat terlalu banyak aksi penyeberangan yang membahayakan tupai, Amos J. Peters, pemilik sebuah perusahaan konstruksi, memiliki ide untuk membuat jembatan tupai.

Peters bekerja sama dengan arsitek Robert Newhall dan LeRoy Dahl guna merancang jembatan, dan meminta bantuan kontraktor Donald Kramer untuk menyelesaikan rekayasa struktural. Peters dan rekannya Bill Hutch kemudian mulai membangun jembatan setinggi 60 kaki yang terbuat dari aluminium. Kemudian pada tahun 1963, mereka mengangkat jembatan di atas jalan antara dua pohon.

Uniknya, peresmian jembatan tersebut juga dilakukan dengan upacara besar-besaran, layaknya meresmikan jembatan baru bagi manusia. 

Kini, jembatan yang sudah berusia 52 tahun itu telah empat kali direnovasi, serta dipindahkan akibat kegagalan struktur pendukung. Tapi, pada tahun 2010, jembatan itu kembali diletakkan di lokasi aslinya. Pada tahun 2014, jembatan tupai tercantum dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional.

Terinspirasi oleh keberhasilan Nutty Narrows Bridge, kini Longview punya beberapa jembatan serupa, dan tentu saja semuanya diperuntukkan bagi tupai.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya