Printer 3D Siap Cetak Jembatan di Belanda

Ilustrasi jembatan 3D
Sumber :
  • www.mashable.com
VIVA.co.id
Unik, Baterai Berenergi Vitamin
- Sudah ada beberapa jenis objek yang dicetak melalui percetakan 3D. Sebelumnya sudah ada objek mobil, apartemen beberapa lantai yang berhasil diciptakan melalui printer 3D.

Teknologi Baru yang Bikin Telemarketer Tak Cerewet Lagi

Nah,
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook
kini inovasi dengan printer 3D belum berhenti. Dikutip Mashable,
Rabu 17 Juni 2015, di Amstredam, Belanda, akan diciptakan jembatan besi yang dicetak dari 3D. Lokasi jembatan di atas kanal yang akan dicetak dari printer 3D itu belum dirilis.


Untuk menciptakan jembatan besi 3D itu, kota Amsterdam akan melibatkan robot perusahaan lokal. MX3D dan insinyur perangkat lunak dari Autodesk. MX3D selama ini dikenal sebagai perusahaan yang mencetak objek 3D yang bermateri logam kompleks.


Dijadwalkan jembatan besi dicetak dari 3D itu akan selesai pada 2017. Tapi perusahaan mengatakan proses untuk mencetak jembatan itu hanya butuh dua bulan saja.


Menurut laporan
Fast Company,
jembatan 3D itu memiliki panjang 7,3 meter.


MX3D mengklaim teknologi percetakan 3D dianggap lebih terjangkau dan dapat terukur daripada yang skema konstruksi yang lainnya. Robot pencetak akan bergerak dengan enam sumbu dan mencetak dengan berbagai material yang kuat.


Perusahaan Belanda itu mengatakan membangun jembatan tersebut menjadi cara ideal unjuk gigi betapa tak terbatas teknik cetak 3D. Perusahaan juga mengklaim jembatan cetak 3D itu aman, murah dan lebih cepat proses pengerjaanya. Efisien secara keseluruhan.


Jika proyek ini berhasil, pemerintah AS dan pemerintah kota setempat akan mempertimbangkan hal ini. Diketahui, sebagian jembatan di AS memiliki bentuk sangat buruk.


Sebuah laporan pada 2013 menunjukkan jembatan di AS memiliki nilai C+, artinya satu dari sembilan jembatan di AS mengalami kekurangan struktural.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya