Ramadhan, Tak Lengkap Tanpa Ibadah di Istiqlal

Masjid Istiqlal
Sumber :
  • http://zaldym.wordpress.com
VIVA.co.id -
Kukuhkan Pengurus BKM, Menag: Jaga Masjid dari Politisasi
Bagi sebagian umat muslim, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Masjid Istiqlal. Di awal bulan puasa ini, Kamis 18 Juni 2015, Istiqlal terlihat ramai disambangi oleh pengunjung.

Soal Terowongan Silaturahmi, Ma'ruf Amin: Jadi Lambang Kerukunan

Salah seorang pengunjung dari Lampung, Khafifah (48 tahun), sengaja datang ke Istiqlal dengan memboyong sanak saudaranya. Alasannya, selain dalam rangka liburan sekolah, juga untuk menyambut bulan Ramadhan.
Aa Gym Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal


"Saya sengaja bawa keluarga ke sini supaya makin dekat dengan Sang Pencipta. Biar anak-anak tahu cara ibadah agama Islam," kata Khafifah kepada VIVA.co.id, Kamis 18 Juni 2015.


Ia membenarkan, sebagai umat muslim di Indonesia, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke masjid terbesar se-Asia Tenggara itu. Ia mengaku sering berkunjung ke Istiqlal, sehingga membuatnya rindu untuk kembali.


"Ini (Istiqlal) daya tarik sendiri untuk umat muslim di Indonesia. Jadi kalau umat Islam Indonesia belum ke sini gimana gitu. Sebenarnya saya sering ke sini, tapi selalu ada rasa rindu untuk kembali berkunjung ke sini, kebetulan ada anak-anak yang belum, jadi sekalian deh mengobati keinginan saya kembali berkunjung ke sini," ujarnya.


Senada dengan Khafifah, warga Surabaya, Ayu (42), juga mengaku sengaja datang dengan tujuan untuk beribadah di Masjid Istiqlal.


"Habis masjidnya besar, bagus. Jadi harus dijaga dan dirawat Masjid Istiqlal karena ini juga kan masjid bersejarah juga," sambung Ayu.


Ayu menjelaskan, hari ini ia mengikuti kegiatan ceramah yang diadakan di dalam Istiqlal. Selain itu, dari pantauan VIVA.co.id, ia juga berkeliling untuk mengetahui seluk beluk Mesjid Istiqlal.


"Tadi sih saya ikut mendengar ceramah di dalam. Saya sekarang mau keliling-keliling biar tahu Istiqlal gimana sih, kan udah jauh juga datangnya. Paling-paling sama mau foto juga sama keluarga buat mengabadikan," lanjut Ayu.


Ramainya pengunjung istiqlal hari ini, ternyata juga membawa berkah tersendiri bagi pedagang kantong plastik untuk tempat membungkus sandal di Istiqlal, Aminah (45). Biasanya ia bisa mengumpulkan uang sebesar Rp80 ribu, namun di awal bulan puasa ini, ia mengaku telah mendapat penghasilan lebih.


"Alhamdulillah di bulan puasa ini penghasilan meningkat jadi dua kali lipat. Biasanya dapat Rp80ribu, namun hari ini sudah lebih dari hari biasa," ujar Aminah.


Selain itu, para pengunjung yang datang tampak lebih ramai dari biasanya. Hal itu terbukti dari banyaknya orang yang datang di awal bulan puasa ini, baik yang berasal dari Jabodetabek, maupun dari luar Pulau Jawa.


Tidak hanya pengunjung dari dalam negeri, tampak pula beberapa wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Masjid Istiqlal untuk sekedar melihat euforia selama bulan puasa. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya