Soal Terowongan Silaturahmi, Ma'ruf Amin: Jadi Lambang Kerukunan

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

VIVA – Renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal akan membuatnya terhubung khusus dengan Gereja Katedral yang berada persis di depannya. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyambut positif rencana dibangunnya terowongan penghubung tersebut.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

"Saya kira bagus saja. Itu hanya lambang dengan adanya kerukunan dan silaturahim," kata Ma'ruf, Senin 10 Februari 2020.

Selain membangun lambang dengan terowongan itu, Ma'ruf memastikan pemerintah juga membangun kerukunan lewat teologinya. Dengan itu menurutnya bisa mencegah konflik antar umat beragama di Indonesia.

Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

"Segala macam yang membangun kerukunan, terutama yang kita bangun itu teologinya, teologi dan narasi kerukunan," ujar Ma'ruf. 

Sementara narasi-narasi kerukunan juga menurutnya penting untuk terus digalakkan. Narasi kerukunan penting untuk mencegah paham kebencian beredar di masyarakat.

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini

"Jadi dua hal ini yang akan kita bangun. Bagaimana kalau teologi kerukunan sehingga tidak ada konflik. Kemudian narasi-narasi yang muncul narasi kerukunan," kata Ma'ruf.

Sebelumnya, rencana pembangunan terowongan itu dikemukakan oleh Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan, ada usulan lanjutan untuk membuat terowongan yang menghubungkan masjid dan gereja yang paling bersejarah di Tanah Air itu.

"Tadi ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui sekalian sehingga ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi," kata Presiden Jokowi saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat 7 Februari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya