Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • BPMI Setwapres

Jakarta – Wakil Presiden RI Maruf Amin, berharap Kepala Staf TNI Angkatan Udara atau KSAU yang baru, dapat memahami persoalan kebangsaan dan kenegaraan. Diketahui, Presiden Joko Widodo akan melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU, pada hari ini, Jumat, 5 April 2024. 

HUT TNI Ke-79, 181 Pesawat Akan Gelar Demo Udara di Langit Jakarta

Pelantikan terhadap Marsdya Tonny untuk menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo, yang memasuki masa pensiun pada 9 April 2024.

"Masalah Pak Tonny, kita harapkan beliau akan menjadi kepala staf yang sangat memahami persoalan (kebangsaan dan kenegaraan)," kata Wapres Ma’ruf Amin, dalam keterangan resmi Sekretariat Wapres yang diterima awak media.

Lantik 6 Pejabat Kemendag, Zulhas Minta Persiapkan Landasan untuk Pemerintahan Prabowo

Wapres memuji perwira kelahiran 4 Oktober 1971 tersebut, memiliki rekam jejak penugasan lintas bidang. Dimana dia tidak hanya mengampu jabatan di lingkup kemiliteran, melainkan juga pernah menjadi Sekretaris Militer Presiden.

"Beliau juga tentu lebih tahu persoalan-persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang tidak saja teknis secara keangkatan-udaraan, tetapi juga masalah-masalah (lain), mengerti politik, mengerti permasalahan situasi," jelas Wapres Maruf. 

Sebelumnya, Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana membenarkan Presiden (Joko Widodo) Jokowi diagendakan melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU pada hari ini.

99 Anggota DPRD Sumatera Utara 2024-2029 Dilantik, 1 Orang Tunggu Proses Gugatan

"Hari ini, 5 April 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan Pelantikan Kepala Staf Angkatan Udara," kata dia dikonfirmasi. 

Selain itu, Jokowi juga akan mengikuti sejumlah agenda. Salah satunya pengukuhan Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti Tahun 2023-2028.

"(Kegiatan diadakan) di Istana Negara," kata Ari.

Keppres penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU sudah diteken pada 25 Maret 2024. Dalam Keppres tersebut, kepala negara juga memberhentikan dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU.

Sebelum Keppres terbit, Tonny memang masuk dalam daftar perwira tinggi potensial yang menjadi calon KSAU baru. Dia bersaing dengan tiga seniornya yaitu Wakil KSAU, Marsdya Andyawan Martono Putra; Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) TNI, Marsdya Samsul Rizal; dan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya Tedi Rizalihadi.

Dari sisi usia; tiga perwira tinggi lainnya memiliki sisa masa jabatan yang lebih pendek jika menjadi KSAU. Marsdya Andyawan akan pensiun dalam kurun 1 tahun 1 bulan; Marsdya Samsul 2 tahun 11 bulan, dan Marsdya Tedi 4 tahun 3 bulan.

Tonny pernah menjadi Staf Khusus KSAU dan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada tahun 2020. Posisi terakhir sebelum ditunjuk Jokowi, Marsdya Tonny menjabat sebagai Pangkogabwilhan II.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya