Boyamin MAKI Minta Kejagung Dalami Ini ke Sandra Dewi soal Kasus Harvey Moeis

Sandra Dewi Hadir untuk Diperiksa Kejagung
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah meminta keterangan aktris ternama Sandra Dewi soal dugaan kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Kasus tersebut menyeret suami Sandra Dewi, Harvey Moeis sebagai salah satu tersangka.

Kaget Lihat Besaran Pajak 2 Mobil Ferrari Harvey Moeis yang Disita, Pantas Ada yang Nunggak

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman pun ikut menanggapi. Bagi dia, langkah Kejagung sudah benar dengan memanggil Sandra Dewi sebagai saksi.

Dia menyinggung kabar hebohnya Sandra Dewi yang pernah diberikan hadiah mewah berupa mobil Rolls-Royce dan kendaraan mewah lainnya.

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Boyamin menilai alasan Sandra mesti diperiksa karena sejatinya untuk melakukan penelusuran terkait dengan penghasilan sang suami.

"Nah, dari sisi itu kalau diduga dari HM memperoleh uang terkait dengan dugaan korupsi pengelolalan timah otomatiskan sebagai istri kan mendapatkan uang-uang itu tadi dilacak," kata Boyamin kepada wartawan, Jumat 5 April 2024.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Boyamin menyarankan Sandra Dewi mesti didalami oleh penyidik soal yang bersangkutan tak bertanya-tanya ke suami soal pekerjaan hingga penghasilannya. Kata dia, Sandra Dewi dipanggil penyidik Kejagung harus disertakan pertanyaan soal uang dari Harvey Moeis.

"Selain memastikan keberadaan dan statusnya Sandra Dewi apakah dia hanya saksi, atau sama sekali tidak tahu atau diduga ikut terlibat itu perlu didalami," jelas Boyamin.

"Dan, kedua ya berkaitan dengan uang papun tentu harus disita oleh kejagung. Karena diduga hasil kejahatan untuk proses maksimal pengembalian kerugian keuangan negara," jelas Boyamin.

Boyamin berikan sebuah contoh terkait dengan kasus korupsi lainnya yang mirip dengan pemanggilan Sandra Dewi ini. Ia menyebut salah satunya yakni pemanggilan Windy Idol dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Hasbi Hasan.

Windy kini sudah jadi tersangka dalam dugaan kasus TPPU Hasbi Hasan. Maka itu, semua orang terdekat memang harus ditelusuri soal uang korupsi, begitupun kasus Harvey Moeis. Namun, menurut dia, hal itu urusan penyidik dalam merumuskan dugaan suatu kasus.

"Setidaknya pasif ya bisa saja minta pertanggungjawaban. Tapi, kalau betul-betul tidak tahu, karena suaminya pengusaha besar sehingga dianggap wajar pemberian-pemberian hadiah bisa saja tetap saksi," tuturnya.

Dia bilang dalam kasus timah ini sebaiknya diserahkan saja kepada penyidik Kejagung. "Tapi, yang yang paling utama adalah penyidik kejagung harus menyita harta-harta HM yang pernah diserahkan kepada sandra dewi," tuturnya.

Diketahui, Sandra Dewi sudah penuhi panggilan penyidik Kejagung RI sebagai saksi dala, dugaan kasus korupsi yang menyeret suaminya pada Kamis kemarin, 4 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya