Mengenal Anoa 6x6 , Kendaraan Taktis Asli Buatan Indonesia

VIVA Militer: Kendaraan Khusus Anoa 6x6 Ambulance
Sumber :
  • Website PT Pindad

Jakarta – Anoa 6x6x Logistics merupakan salah satu kendaraan buatan PT Pindad Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan performa TNI dalam menjalankan misinya.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Kendaraan taktis satu ini terkenal dengan kemampuannya yang mampu bertahan di segala cuaca dan memiliki kemampuan untuk berjalan di segala medan (Amphibious).

Varian Anoa logistics ini telah memiliki beberapa kelebihan yang bisa diandalkan. Kelebihan utama dari kendaraan ini adalah mampu mengangkut bahan bakar, amunisi serta alat-alat untuk perbaikan kendaraan lainnya.

140 Prajurit Baru Spartan Hardha Dedali Resmi Perkuat Yonko 467 Kopasgat

VIVA Militer: Kendaraan Khusus Anoa 6x6 Amphibious

Photo :
  • Website PT Pindad

Kendaraan ini memiliki desain yang secara spesifik untuk menjadi kendaraan logistik pertempuran. Hal ini terlihat dari bentuknya yang memiliki lambung dengan ukuran yang sangat besar.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dikutip dari laman resmi Pindad, ukuran dari dimensi kendaraan ini adalah (PxLxT) mm : ± (6.000 x 2.500 x 2.370) dengan lambung berukuran ± (6.000 x 2.500 x 2.670) mm. Anoa logistic memiliki berat kosong mencapai 12.500 Kg dan berat total dengan muatan mencapai 14. 500 Kg.

Terlihat dari perbandingannya, kendaraan ini mampu membawa muatan dengan berat mencapai 2.5 ton. Performa dari kendaraan ini juga termasuk kendaraan perang yang terbilang gesit. Kecepatan dari varian anoa logistics mampu berjalan hingga ± 80 km/jam (rekomendasi kecepatan aman).

Serta mampu berjalan offroad dengan kecepatan ± 40 km/j Maks. Kemampuan berjalan cepat tersebut diperoleh dari tenaga mesin yang mumpuni. Anoa Logistics dibekali dengan Diesel Turbocharger Intercooler, 6 Cylinders Inline yang dapat memperoleh tenaga dengan jumlah 320 HP.

Presiden Jokowi menjajal Panser Anoa 2 6x6 Amphibious di Mabes TNI Cilangkap

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho

Dengan kemampuan mesin yang dimilikinya, kendaraan ini mampu menjelajah mengantarkan prajurit TNI menjalankan misi dengan jarak sejauh 600 kilometer. Kelebihan lain dari kendaraan ini yakni terdapat pendingin mesin yang telah digerakkan dengan Hidrolik.

Sehingga mampu mendinginkan kendaraan secara efektif meski dalam keadaan darurat. Meski sebagai kendaraan yang membawa logistics, kendaraan Anoa log juga memiliki senjata yang cukup diandalkan ketika berada dalam keadaan darurat.

Anoa 6x6 Logistics telah dibekali granat asap pelepasan dengan kaliber berukuran 66 mm yang berada di ketinggian -10° sd +45° dan rotasi : 360°, serta sistem pengoperasian yang dilakukan secara manual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya