50 Persen Lahan Pembangkit 35 Ribu MW Sudah Dibebaskan

Petugas PT PLN (Persero) melakukan pemeriksaan rutin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Taman Jeranjang. Lombok, NTB.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, memaparkan kemajuan pembangunnan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW). Sudirman mengatakan bahwa pembebasan lahan untuk pembangkit listrik 35 ribu MW sudah mencapai 50 persen.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik

Pada Kamis 25 Juni 2015, dia mengatakan bahwa ada 212 titik yang bisa dijadikan untuk lahan pembangkit 35 ribu MW. Dari 212 lahan, sudah ada 100 lokasi yang telah dibebaskan.
Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW


"Dari sisi pengadaan lahan, teridentifikasi 100 tapak pembangkit sudah dibebaskan. Tinggal 112 tapak lagi. Hampir 50 persen tapak sudah bebas untuk dibangun," kata Sudirman dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta.


Kemudian, kata Sudirman, dari sisi pembangunan pembangkit, ada 19 ribu MW dari 35 ribu MW pembangkit listrik yang sudah masuk tahap konstruksi.


Namun, Sudirman mengatakan, pembebasan lahan masih terkendala. Masalah sosial politik pun turut memengaruhi. "Ada masalah sosial politik setempat. Siapa yang paling berpengaruh juga akan ikut memberikan dampak," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya