Facebook Masih Dikuasai Kaum Pria dan Kulit Putih

Kantor baru Facebook di Menlo Park.
Sumber :
  • REUTERS/ Robert Galbraith
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Facebook pada tahun lalu telah merilis keragaman karyawannya. Namun, tidak ada perubahaan berarti untuk keragaman karyawan pada 2015. Perusahaan media sosial terpopuler itu masih didominasi karyawan laki-laki.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Selain masih didominasi oleh pekerja laki-laki, Facebook juga tidak melakukan perombakan dari sisi segi ras karyawan.  Saat ini, media sosial rancangan Mark Zuckerberg ini masih dikuasai oleh kaum kulit putih.
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook


Dilansir
Business Insider,
Jumat, 26 Juni 2015, dilihat secara persentase keseluruhan karyawan laki-laki hanya turun satu persen dari 69 persen pada 2014 menjadi 68 persen pada tahun ini.


Sedangkan, penurunan karyawan kulit putih tak signifikan. Dari 57 persen (2014) menjadi 55 persen (2015). Penurunan angka karyawan kulit putih itu berdampak langsung terhadap karyawan dari Asia, yang mana meningkat dua persen menjadi 36 persen pada 2015.


Namun, peningkatan ini belum berarti, sebab karyawan asal Asia menempati urutan kedua. Sebab, di posisi pertama masih dipegang karyawan kulit putih. Kemudian di posisi ketiga diikuti oleh Hispanic (4 persen), dan kulit hitam (2 persen).


Dari kategori pegawai teknis atau teknologi, Facebook masih mengandalkan kaum adam (84 persen) dan perempuan (16 persen). Persentase jabatan teknis dari perempuan ini hanya naik satu persen dari tahun lalu.


Sedangkan, dari pekerja kategori non-teknologi malah didominasi oleh perempuan (52 persen) dan pria (48 persen). Dominasi perempuan di jabatan non-teknis ini naik lima persen dari tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya