Lebaran Tiba, Jadwal Kereta Api Malah Terganggu

Arus Balik Mudik Lebaran 2013 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- Beberapa aktivitas dan perjalanan moda transportasi kereta api terpaksa mengalami keterlambatan "luar biasa" yang disebabkan oleh kegiatan Hari Raya Idul Fitri sejak malam kemarin. Tercatat ada lebih dari 2 keberangkatan dengan kereta api yang mengalami keterlambatan atau penundaan perjalanan.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

Salah satu unit yang mengalami keterlambatan lebih dari 30 menit adalah KA 72 (Cirebon Ekspress Tambahan) relasi Gambir - Cirebon dan KA 42 (Gajayana) relasi Gambir -Malang. Kedua kereta tujuan luar kota tersebut mengalami keterlambatan di stasiun Jatinegara dikarenakan mengantisipasi keterlambatan penumpang akibat kemacetan jalanan di Jakarta karena takbiran.
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara


"Ada takbiran di Monas (Monumen Nasional) jadi kereta berhenti dan tidak langsung jalan. Itu dilakukan juga untuk menunggu penumpang yang terkena macet karena banyak jalan ditutup imbas dari takbiran," kata Yodi, salah satu Petugas Posko Pantauan Angkutan Kereta Api di gedung Kementrian Perhubungan, Jumat 17 Juli 2015.

 

Ia menjelaskan, suatu kondisi kereta disebut mengalami keterlambatan "luar biasa" adalah jika kereta tersebut mengalami keterlambatan lebih dari jenjang waktu 30 menit. Kendati demikian, Yodi memastikan bahwa masing-masing pihak stasiun sudah melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada penumpang apabila kereta terindikasi mengalami keterlambatan "luar biasa".


Selain itu, KA 322 Batara Kresna juga mengalami hal yang serupa. Kereta mengalami pemberhentian luar biasa di lintas purwosari dan Solo kota dikarenakan terhalang oleh warga yang akan menunaikan Sholat Idul Fitri. Untuk kondisi sekarang, KA 322 sudah dapat melintas dan tidak mengganggu perjalanan KA lainnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya