Pengunjung Rest Area Membludak, Tol Cikampek Macet Panjang

Sumber :
  • ANTARA/M.Ali Khumaini

VIVA.co.id - Kemacetan panjang arus balik mudik Lebaran 2015 terjadi di sepanjang ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kamis, 23 Juli 2015. Antrean kendaraan siang ini terjadi hingga kawasan KM 70.

Dari pantuan VIVA.co.id, kendaraan yang melintas kawasan tersebut bahkan relatif tidak bergerak mulai dari KM 68 atau mencapai 20 kilometer. Selain volume kendaraan, kepadatan terjadi karena banyak kendaraan yang keluar dan masuk di kawasan rest are di KM 52 dan KM 62.

Karena kepadatan di dalam rest are, pengelola bahkan memberlakukan sistem buka tutup. Akibatnya, banyak pengendara yang akan masuk rest are memarkir kendaraannya di bahu jalan.

"Dampak keluar masuk rest area. Diberlakukan sistem buka tutup karena penuh rest area ditutup sementara dan banyak yang menunggu di bahu jalan," kata Mala, petugas call center Jasamarga kepada VIVA.co.id.

Kepadatan di kawasan ini sudah terjadi sejak kemarin. Hal ini akan berlangsung terus sampai gelombang arus balik mudik selesai. Selain itu, kepadatan lalu lintas di pintu keluar Tol Cipali juga masih terjadi seiring tingginya volume kendaraan yang datang dari arah Cirebon.

Diperkirakan lonjakan arus balik di Tol Cipali menuju Jakarta akan terjadi hingga Sabtu dan Minggu pekan ini. Hal ini seiring dengan berakhirnya masa libur sekolah.

Sementara itu, enam hari setelah Lebaran, situasi ruas jalan utama Pantura Cikampek, hingga kini masih terlihat ramai dilintasi pemudik. Namun, tidak tampak adanya kemacetan berarti.

Titik yang biasanya menjadi kawasan langganan macet hingga siang ini hanya mengalami kepadatan. Salah satunya di sepanjang jalur Pantura Balonggandu yang akan memasuki kawasan Jomin dari arah Cirebon.

Titik antrean kendaraan didominasi kendaraan roda dua dan bus besar. Tapi bila dibandingkan hari-hari sebelumnya, volume kendaraan yang melintas di kawasan Pantura Cikampek terlihat mulai menurun.

Didominasi Kendaraan Pribadi, Tol Jakarta-Cikampek Padat

Laporan: Jaya Ajang Bramena/ Purwakarta

Contra flow di tol Cikampek

Besok, Polisi Berlakukan Lawan Arus di Tol Cikampek

Korlantas melakukan pengamanan arus lalu lintas

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016