Pameran Riset dan Inovasi Fokus di Pangan hingga Maritim

Menristek Dikti, M Nasir buka Ritech Expo 2015
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), M. Nasir, membuka langsung ajang Research, Innovation, and Technologi Exhibition (Ritech) Expo di Lapangan D, Senayan, Jakarta. Perhelatan ini merupakan bagian dari memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2015.

Ritech diselenggarakan tiga hari, 7-10 Agustus 2015 dengan mengambil tema "Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa".

Nasir mengungkapkan, Ritech diadakan untuk menarik para investor agar dapat memanfaatkan hasil riset dari para peneliti. Diharapkan, ini dapat mendorong pemanfaatan hasil-hasil inovasi untuk peningkatan daya saing industri.

Lalu, dia berharap, momen Harteknas ke-20 ini akan menjadi titik untuk memamerkan hasil teknologi putra-putri bangsa agar dimanfaatkan dunia usaha.

"Dalam hal ini, saya berpikir, hasil inovasi dari para peneliti perlu hilirisasi dan komersialisasi ke dunia usaha. Mudah-mudahan, Insha Allah, pada puncak Harteknas tanggal 10 Agustus nanti, kita mulai bangkitkan hasil riset dengan inovasi iptek untuk daya saing bangsa," ujar dia dalam sambutannya, di Jakarta, 7 Agustus 2015.

Melalui Ritech Expo, hasil-hasil riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh para peneliti Indonesia dapat dipertanggungjawabkan terhadap publik. Pameran, kata Nasir, diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pemahaman baru akan peran iptek di masyarakat.

Diketahui, Ritech Expo 2015 menyajikan 70 stan yang akan memamerkan hasil-hasil riset dan inovasi dari berbagai lembaga. Lembaga yang dimaksud antara lain litbang kementerian atau lembaga litbang pemerintah daerah, litbang universitas, dan penggiat iptek Indonesia. Pangan, energi, dan maritim diketahui akan menjadi tema sentral pada pameran tahun ini.

"Tiga isu tersebut sesuai dengan yang dicita-citakan oleh Presiden Jokowi melalui Nawa Citanya," ujar dia.

Pameran sarat edukasi ini digelar secara gratis bagi siapa saja yang ingin menghadiri. Tak hanya pameran, Ritech Expo 2015 juga diisi dengan acara talkshow dan workshop tentang teknologi-teknologi berbagai bidang.

Menristek: Jakarta Bisa Pakai Electric Bus pada 2017

Pameran iptek ini tentu saja bisa menjadi salah satu pilihan wisata edukasi menyenangkan bagi masyarakat sekitar Jakarta. (art)

 Menristekdikti Mohamad Nasir di Gedung Dikti, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Tak Di-reshuffle, Menristekdikti Beberkan Terobosannya

Presiden Jokowi hari ini mengumumkan reshuffle sejumlah menteri.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016