Menteri Rini: Tidak Benar BUMN Isinya Maling

Menteri ESDM Sudirman Said, bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengakui bahwa hingga saat ini perusahaan pelat merah masih dipandang negatif. 

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
"Banyak pihak yang masih melihat BUMN itu isinya maling," kata Rini, dalam acara "Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI pada Kementerian BUMN TA 2014 dan Pemeriksaan Sinergi BUMN" di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2015.

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Dia mengatakan, masih ada anggapan yang melihat perusahaan pelat merah diisi oleh pihak-pihak yang mengeruk keuntungan untuk pribadi. Rini pun menegaskan pandangan tersebut tidak benar.

"Ini yang saya terus tekankan. Kami memberikan keuntungan kepada negara. Bayar dividen dan bayar pajak. Bagaimana kami menunjukkan BUMN itu menjadi bagian masyarakat luas," kata Rini.

Sementara itu, Anggota VII Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Achsanul Kosasih, mengatakan bahwa kondisi perusahaan pelat merah saat ini, tak seperti kondisi pada 10 tahun yang lalu. Misalnya, fasilitas yang diberikan oleh perusahaan BUMN.

"Tapi, celakanya stigma masyarakat masih seperti 10 tahun lalu. Kami tunjukkan ke mereka kinerja Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu," kata Achsanul, di tempat yang sama. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya