Kunjungi DPR, Delegasi AS Bahas Tata Kelola Pemerintahan

Pimpinan DPR menerima Kongres AS
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Di tengah meriahnya penyelenggaraan pesta rakyat, DPR pagi ini, 16 Agustus 2015, menerima kunjungan enam orang delegasi kongres AS dari kedua partai, demokrat dan republik.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Pertemuan yang berlangsung selama 30 menit tersebut dihadiri oleh Pimpinan DPR dan membahas sejumlah agenda kerja sama bilateral Indonesia-AS.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


"Kami membahas beberapa isu politik yang kini tengah berkembang. Indonesia juga mengharapkan AS terus meningkatkan investasi dan kerja sama dalam bidang ekonomi, investasi, dan industri," kata Ketua DPR, Setya Novanto di Gedung Nusantara III.


Selain itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menambahkan bahwa delegasi kongres juga sempat berdiskusi mengenai perbedaan sistem negara RI dan AS.


"Kami menjelaskan bahwa Indonesia tidak menganut sistem federal, tapi sistem negara kesatuan. Namun kami juga telah mengintroduksi otonomi daerah berkali-kali. Dan sekarang ini dengan adanya UU Nomer 6 tahun 2014, itu ada otonomi tingkat 3, yaitu desa," ujar Fahri.


Menurutnya, ada banyak kesamaan sistem kenegaraan antara AS yang menganut sistem federal dan RI dengan sistem negara kesatuan RI.


"Sistem perwakilannya sama. Kita sistem dua kamar tapi kamar kita belum sempurna. Kamar DPD di kita belum kuat. Sedangkan mereka (AS), kamar senatnya kuat sekali, karena sistem pendukungnya juga kuat," kata Fahri.


Sementara itu, senator Vern Buchanan menyatakan bahwa selama ini, AS memiliki hubungan yang cukup baik dengan Indonesia dalam berbagai bidang.


"Dalam tata kelola pemerintahan, kami juga ingin lebih banyak bertukar pikiran dan gagasan dengan masyarakat Indonesia untuk kemajuan kedua negara. Kami juga tidak sabar untuk ikut dalam acara Kemerdekaan RI besok," ucap Vern.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya