Wajib Tahu, 12 Kebiasaan Memasak Sehat

Memasak dengan cara yang baik.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Mengadopsi kebiasaan yang sehat adalah salah satu cara penting mengoptimalkan kesehatan tubuh. Dengan begitu, Anda meningkatkan asupan nutrisi dan menurunkan asupan zat-zat racun ke dalam tubuh.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder


Mengonsumsi makanan yang tepat dan menggunakan cara-cara memasak yang sehat akan membantu Anda menjaga tubuh menjadi sehat, berenergi dan memiliki lebih sedikit risiko mengembangkan penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat.

Oleh karena itu, simak 12 kebiasaan memasak sehat yang perlu Anda lakukan mulai saat ini seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

1. Cara terbaik mengonsumsi buah adalah dengan menyantapnya dalam keadaan mentah.

2. Sayuran harus dikonsumsi secara mentah, dikukus dan sesekali ditumis.

3. Daging, ikan dan unggas harus dimasak dengan cara dipanggang, dibakar dan sesekali ditumis.

4. Konsumsi whole grain atau gandum utuh secara rutin. Hindari menyantap makanan yang dibuat dari tepung halus.

5. Dua per tiga makanan yang Anda konsumsi adalah makanan olahan yang kandungan vitamin serta mineralnya sudah banyak hilang. Oleh karena itu, hindari menyantap banyak makanan olahan dan gantikan dengan makanan segar.

6. Hindari gula dan karbohidrat halus yang telah diolah. Ini adalah makanan yang hanya mengenyangkan karena tinggi kalori, namun rendah nutrisi. Saat mengonsumsi makanan tersebut, tubuh akan menggunakan nutrisi cadangan untuk mencernanya.

7. Terlalu lama memasak daging dan sayur-sayuran mampu mengoksidasi dan menghilangkan vitamin yang tak tahan suhu panas seperti vitamin B, C dan E. Merebus sayuran juga akan membuat vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya terbuang dan larut dalam air sehingga ada baiknya untuk memasak sayur dengan cara dikukus.

8. Memasak atau menghangatkan makanan dengan menggunakan microwave berpotensi menghilangkan vitamin B6.

9. Hindari memasak dengan cara menggoreng karena mampu menciptakan zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh.

10. Ganti asupan gula sehari-hari dengan buah-buahan. Anda bisa menambahkan buah pada seral untuk memberikan cita rasa manis. Selain itu, kacang-kacangan dan buah-buahan kering juga bisa menjadi pilihan.

11. Minyak masak yang terbaik adalah minyal zaitun, ricebran dan groundnut.

12. Penggunaan garam benar-benar harus dibatasi. Cobalah untuk perbanyak menggunakan rempah dan tumbuhan herbal seperti basil, seledri, peterseli dan oregano untuk memberikan rasa pada masakan.

Ilustrasi rempah

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Jangan menyimpannya di ruang terbuka atau menghadap ke arah jendela.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016