Menguak Berlian Wisata Pulau Seribu Moko

Ilustrasi Alor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id –
Destinasi di Bangka Belitung Ini Wajib Dikunjungi
Baru sedikit yang tahu tentang sisi keindahan pulau Alor yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Berada di perbatasan antara Republik Indonesia dan Timor Leste pulau ini memiliki segudang keunikan alam dan budaya.

Berkunjung ke Tempat Bertarungnya Gladiator di Tunisia

Pulau cantik ini, dijuluki sebagai pulau ‘seribu moko’ karena merupakan penghasil gendang perunggu atau biasa disebut moko, yang menjadi pusaka sekaligus mahar perkawinan adat setempat. Uniknya, moko-moko ini bukan diproduksi baru, melainkan merupakan pusaka budaya, warisan nenek moyang.
Tanpa Tongsis, Bagaimana Gaya Liburan Turis Zaman Dahulu


Namun keunikan Alor tidak hanya berhenti disitu. Alor memiliki ragam bahasa daerah, kain tenun berbagai corak dengan pewarna alami. Wisata bahari milik Alor juga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap yang berkunjung baik wisatawan mancanegara maupun domestik.


Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama Pemda Kabupaten Alor menyelenggarakan festival pertama di Alor. 


Festival tersebut dibagi menjadi 2, seperti Festival Adventure Indonesia yang diadakan mulai tanggal 15-20 September 2015. Kemudian Festival Bahari Alor 2015 yang diadakan pada 16-18 September 2015.


Selain untuk mengeksplorasi keindahan Alor, acara ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Alor dalam dunia pariwisata. Serta sebagai penggerak atau pembuka pintu masuknya wisatawan ke Alor.


"Wisata bahari dan wisata petualangan Indonesia seperti yang ada di Alor perlu ditingkatkan, agar Indonesia menjadi destinasi utama di dunia. Untuk itu sangat perlu adanya promosi secara berkesinambungan," ujar Menteri Pariwisata Arif Yahya, di gedung Sapta Pesona, Kamis, 20 Agustus 2015.


Keindahan Alor memiliki potensi alam nan perawan terutama bagi penggemar petualangan. Sebab Alor memiliki cincin api, gunung api sabuk pasifik yang kaya akan geoheritage. Alor juga memiliki perairan yang indah yang bisa diselami untuk melihat kerajaan bawah laut.


"Masih banyak daerah asri dengan berbagai budaya unik yang perlu diperkenalkan sebagai tujuan wisata di Alor. Selain itu, laut Alor juga terkenal dengan keindahan terumbu karang dan keindahan bawah bawah laut untuk penggemar diving," ujar Amon Djobo, Bupati Alor saat ditemui di kesempatan yang sama. (ren)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya