Bebas Jerawat Meradang dengan Ramuan Dapur

jerawat wajah
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Jerawat meradang atau jerawat kistik terbentuk karena adanya produksi minyak yang sangat berlebih pada lapisan di bawah kulit wajah. Faktor jerawat kistik juga bisa di sebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Ada banyak remaja menderita masalah ini namun tidak menutup kemungkinan juga dialami orang dewasa. 

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Tidak seperti jerawat biasa yang keluar ke permukaan kulit, jerawat kistik terbentuk dalam di bawah kulit, menyebabkan reaksi sakit dan iritasi. 

Mereka yang memiliki jerawat kistik dianjurkan untuk tidak memencet atau menggosok wajah secara kasar. Sebab hal ini dapat merusak kulit dan menyebabkan jerawat kronis. 

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Berikut ini beberapa bahan alami basmi jerawat kistik dari dapur sendiri, dilansir Boldsky

Bubuk soda kue

Tips Cantik dalam Tujuh Hari untuk Calon Pengantin

Untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, baking soda sangat membantu untuk mengelupaskan kulit. Selain itu, baking soda juga dapat melawan bakteri dan mengencangkan pori Anda. 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, campurkan baking soda dengan air dan jus mentimun. Terapkan ini pada daerah yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

Putih telur

Putih telur mengandung sifat anti bakteri dan anti virus yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan membuat kulit Anda bersinar. Anda dapat membuat masker dari campuran putih telur dengan susu dan madu untuk menyingkirkan jerawat yang tengah meradang.

Minyak kelapa

Minyak kelapa yang mengandung zat asam yang bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat mengurangi serangan jerawat kistik. Minyak kelapa juga mengandung vitamin E, yang membantu untuk menghilangkan bekas luka akibat jerawat kistik. Caranya terapkan dua atau tiga tetes minyak kelapa pada bagian yang area yang berjerawat dan pijat lembut dengan gerakan melingkar.

Teh hijau

Teh hijau bermanfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan karena kaya akan anti-oksidan. Teh hijau dapat membuat kulit Anda lebih baik karena mengandung anti inflamasi dan menenangkan kulit yang teriritasi akibat jerawat. Untuk mengatasi jerawat kistik, Anda hanya cukup minum teh hijau secara teratur.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami tertua dan terkenal untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Kunyit tidak hanya mengandung anti inflamasi, anti jamur dan anti septik, tetapi juga mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat. Untuk hasil terbaik, gunakan kunyit yang dicampur dengan air dan biarkan selama beberapa jam atau diamkan sepanjang malam.

Madu

Sifat anti bakteri dari madu sangat berguna untuk perawatan kecantikan. Salah satu keuntungan utama dari madu yaitu dapat melembapkan kulit Anda. Madu juga dapat menyerap kelebihan minyak di kulit dan menyembuhkan jerawat kistik.

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya