RESEP: Hidangan Pencuci Mulut Lezat, Kue Wortel

Ilustrasi kue wortel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
RESEP: Nikmatnya Muffin Pisang Ala Sisca Soewitomo
- Carrot cake atau kue wortel bisa dibilang menjadi salah satu menu kue yang terkenal selain kue keju, red velvet dan black forest. 

RESEP: Sarapan dengan Menu Panekuk Klasik
Walaupun menggunakan wortel sebagai bahan dasar, Anda tak akan merasakan teksturnya keras saat menyantap kue ini. Itu karena wortel umumnya diparut halus dan mengempuk saat proses masak.

Enam Kesalahan Umum saat Membuat Kue
Nah, jika Anda gemar menyantap aneka hidangan pencuci mulut manis, mungkin tak ada salahnya mencoba membuat kue wortel sendiri di rumah.

Berikut ini adalah resep lengkapnya seperti yang dilansir dari All Recipes.

Carrot Cake

Bahan-bahan

-6 cangkir wortel parut
-1 cangkir gula merah
-1 cangkir kismis
-4 butir telur
-1 1/2 cangkir gula bubuk
-1 cangkir minyak sayur
-2 sdt vanili
-1 cangkir buah nanas yang telah dihaluskan dan disaring airnya
-3 cangkir tepung terigu
-1 1/2 sdt soda kue
-1 sdt garam
-4 sdt kayu manis bubuk
-1 cangkir kacang walnut, potong kasar

Cara membuat

1. Di mangkuk berukuran sedang, masukkan wortel dan gula merah. Aduk hingga rata dan diamkan selama 1 jam. Masukkan kismis dan aduk kembali hingga rata.

2. Panaskan oven hingga 175 derajat Celcius. Olesi loyang kue dengan sedikit minyak dan taburan tepung.

3. Di dalam mangkuk berukuran besar, kocok telur hingga berbusa. masukkan gula putih, minyak dan vanili secara bertahap sambil diaduk perlahan. Masukkan nanas dan aduk hingga rata.

4. Di mangkuk lainnya, masukkan tepung terigu, soda kue, garam dan kayu manis. Aduk rata dan tuangkan ke dalam adonan basah berisi telur tadi. Aduk kembali dan masukkan wortel serta kacang walnut. Aduk hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang kue.

5. Panggang kue selama 45-50 menit hingga matang atau hingga bagian atasnya berwarna coklat keemasan. Dinginkan selama 10 menit sebelum dikeluarkan dari dalam loyang. Anda bisa menggunakan frosting krim keju untuk cita rasa yang lebih lezat. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya