Cara Alami Atasi Kulit Lecet

Kulit sehat
Sumber :

VIVA.co.id - Mengalami masalah kulit seperti lecet tentunya sangat mengganggu karena menimbulkan perih. Penyebab lecet biasanya terjadi karena infeksi. Faktor pemicunya pun berbeda, ada yang karena jamur, bakteri, atau virus.

Alasan Tubuh Butuh Asupan Antioksidan dari Luar

Namun kasus yang paling umum karena infeksi jamur. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit lecet dilansir Boldsky.

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu pengobatan rumah yang umum digunakan untuk mengobati kulit melepuh dan lecet. Buatlah pasta dari 2-3 siung bawang putih dan terapkan pada bagian yang lecet. Setelah didiamkan selama 15 menit, cuci dengan air bersih. Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang dapat membunuh bakteri.

Minyak pohon teh

Minyak jenis ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mengobati kulit melepuh. Oleskan minyak pohon teh yang telah dicairkan pada daerah yang terkena luka. Lakukan cara ini selama tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Es batu

Mengompres luka dengan air dingin dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan lecet. Cara ini juga dipercaya dapat mencegah penyebarannya.

Susu

Kalsium yang hadir dalam susu dapat membantu untuk melawan virus yang menyebabkan lecet. Susu juga mempercepat proses penyembuhan lecet dengan cepat. Oleskan kapas yang telah dicelupkan susu selama beberapa menit. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengurangi kesemutan dan iritasi yang disebabkan oleh lecet. Lidah buaya juga dapat menenangkan peradangan dan menyembuhkan lecet.

Bubuk soda kue

Baking soda dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit lecet dan meredakan rasa sakit. Buatlah pasta tebal dari baking soda dan air. Tempelkan pada lecet, biarkan selama 10 menit, dan bilas dengan air bersih secara lembut.

Bawang merah

Bawang merah memberikan bantuan cepat dalam mengobati lecet. Memiliki sifat anti inflamasi bawang merah sangat efektif menyembuhkan luka melepuh. Oleskan pasta bawang merah pada bagian yang lecet dan bilas setelah beberapa menit dengan air bersih.

Bawang putih dan susu.

11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang mudah didapatkan.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016