Penuhi Kebutuhaan BBM, Kilang TPPI Beroperasi Lagi

Kilang minyak Pertamina.
Sumber :
  • Pertamina

VIVA.co.id - Setelah cukup lama tidak beroperasi, Kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) ditargetkan mulai start up akhir September 2015.

Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya

Dengan demikian, kilang TPPI diharapkan mulai berproduksi pada Oktober untuk menunjang kebutuhan bahna bakar minyak (BBM) nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, Senin 14 September 2015, mengatakan berdasarkan hasil kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno, yang didampingi oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi, kilang TPPI akan diarahkan menjadi gasoline mode untuk memproduksi BBM, khususnya gasoline yang porsi impornya masih tinggi. Pertamina juga diminta mengambil alih pengelolaan TPPI.
Cara Pasang Lebih dari Satu BBM dalam Satu Smartphone
 
Menurut dia, Pertamina siap mendukung keputusan pemerintah tersebut dan kilang TPPI ditarget mulai start up pada akhir September, sehingga diharapkan kilang tersebut mulai berproduksi pada Oktober 2015. Kapasitas produksi awal dimulai pada level 20 ribu barel per hari.
Ketersediaan LPG & BBM Jelang Lebaran, Harus Terkontrol
 
"Kapasitas produksi nantinya akan ditingkatkan menjadi sekitar 50 ribu-55 ribu barel per hari. Dengan demikian, produksi BBM, utamanya gasoline dari kilang TPPI akan mendukung pasokam BBM nasional dan mengurangi impor secara signifikan," kata Wianda, dilansir dari laman Pertamina.
 
Sementara itu, Wianda mengungkapkan, untuk feed stock Pertamina membutuhkan dukungan Pemerintah terkait dengan alokasi kondensat bagian negara untuk keperluan produksi TPPI. Menurutnya, pasokan kondensat diharapkan diperoleh dari produksi dalam negeri, karena spesifikasinya sesuai dengan kondensat lokal.
 
"Tentu saja dukungan pemerintah tersebut sangat diperlukan, agar TPPI dapat beroperasi normal kembali," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya