Ini 10 Wanita Pebisnis Terkuat di Dunia

Ellen Kulman
Sumber :
  • Fortune
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Majalah Fortune merilis 27 perempuan pebisnis paling kuat tahun ini. Sejumlah nama dari perusahan-perusahaan besar di dunia ada masuk di dalamnya. 

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Berikut, 10 perempuan pebisnis yang dirangkum VIVA.co.id  berdasarkan urutan yang dilansir dari Fortune, Senin 14 Septembet 2015.

VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook
1. Marry Barra, 53 
CEO General motor

Pada tahun kedua sebagai kepala perusahaan otomotif terbesar, Barra berada di posisi teratas dengan memimpin perusahaan yang membukukan penjualan pada tahun 2014 sebesar US$156 miliar.

2. Indra Nooyi, 59
CEO dan Direktur PepsiCo

Nooyi menandai tahun kesembilannya berada di perusahaan minuman raksasa PepsiCo. Di bawah kepemimpinannya. perusahaan mampu mencatat pertumbuhan pendapatan organik empat persen pada 2014.

3. Ginny Rometty, 58
CEO, Direktur dan Presiden IBM

Sejak mengambil posisi sebagagi CEO pada 2012, Rometty telah menghasilkan pendapatan US$8,5 miliar dari 30 perusahaan. Dia memang belum mampu menekan penurunan pendapatan sebesar enam persen namun, di bawah kepemimpinannya perusahaan akan tetap fokus pada teknologi. 

4. Marillyn Hewson, 61
CEO, Direktur, dan Presiden Lockheed Martin

Sejak menjabat sebagai CEO, Marillyn mengubah Lockheed Martin untuk membuat alat-alat pertahanan militer, dan berhasil menjual US$45,6 miliar alat pertahanan. Sejak mengambil alih jabatan CEO pada 2013, Hewson telah dua kali lipat memberikan pemasukan kepada Lockheed. 

5. Ellen Kullman, 59
CEO dan Direktur DuPont

Pendapatan perusahaan sedikit menurun tahun lalu menjadi US$3,6 miliar, namun Kullman berhasil mempertahankan posisi sebagai CEO dan menang dari pemegang saham. 



6. Abigail Johnson, 53
CEO dan Presiden Fidelity Investments

Pada Oktober 2014, Abby Johnson menggantikan ayahnya, Ned, sebagai CEO diperusahaan tersebut. Abigail harus bertanggung jawab terhadap aset sebesar US$5,3 triliun. 

7. Meg Whitman, 59
CEO, Ketua dan Presiden Hewlett-Packard

Pada 1 November nanti, Whitman akan mengeksekusi Hewlett-Packard menjadi dua divisi, yaitu HP Enterprise, yang meliputi server, storage, dan produk-produk jaringan dan HP Inc, meliputi PC, dan printer lengan. Dengan pemisahan ini, berarti Whitman harus merotasi eksekutif di tengah turunnya harga saham HP tahun lalu sebesar 30 persen.  

8. Sheryl Sandberg, 46
CEO Facebook

Visi Sandberg dari Facebook sebagai raksasa iklan mobile akhirnya menjadi kenyataan. Keuntungan Facebook hampir dua kali lipat pada 2014, dan pendapatan iklan seluler terdiri 76 persen dari total penjualan iklannya, naik dari 62 persen pada kuartal kedua 2014. 

Facebook juga bergerak untuk memanfaatkan jaringan sosial empat miliar video setiap harinya. Pada Mei, Sandberg menderita kehilangan suaminya, eksekutif teknologi Dave Goldberg. Dia mengambil tempat duduk di dewan perusahaannya, SurveyMonkey pada Juli.

9. Irene Rosenfeld, 62
CEO dan Chairman Mondeleze Internasional

Investor Nelson Peltz dan aktivis Bill Ackman meminta Rosenfeld untuk keluar dari Kraft. Sekarang Rosenfeld, yang menjalankan bisnis makanan ringan Mod yang menghasilkan pendapatan US$34 miliar.

Tahun lalu, ia mendapat tekanan dari para pemegang sama untuk memotong biaya dan meningkatkan pendapatan. Rosenfeld, kemudian menutup pabrik tua yang akhirnya dapat meningkatkan margin. 

10. Phebe Novakovic, 57
CEO dan Chairman General Dynamics

Mantan mata-mata ini, ternyata mampu memimpin perusahaan sebagai CEO General Dynamics. Setelah mengambil alih jabatan CEO pada 2013, Novacovic berhasil memberi keuntungan kepada perusahaan hingga tujuh persen menjadi US$2,5 miliar. Bisnis Gulfstream jet menghasilkan US$8,7 miliar dari divisi kedirgantaraan. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya