Indonesia Ingin Adopsi Teknologi Pelabuhan Dubai

Menteri ESDM, Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, manyatakan siap mendorong kerja sama investasi di Sumatera Selatan, dengan investor Timur Tengah, Dubai Port Authority Corporation.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik

Kerja sama kedua belah pihak itu dalam rangka mengembangkan kawasan dan industri Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan.

Sudirman mengatakan, Presiden Joko Widodo ingin memanfaatkan teknologi pengembangan pelabuhan yang dimiliki oleh Dubai Port Authority Corporation. Diutarakannya, Dubai Port adalah salah satu operator infrastruktur pelabuhan terbaik di dunia.
 
"Presiden terkesan dan ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dan manajemen mereka sebagai mitra kita," kata Sudirman di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin 12 Oktober 2015.

Dia mengatakan, kedua belah pihak masih menjajaki kesempatan kerja sama pengembangan kawasan tersebut. Indonesia telah lama merencanakan kawasan industri dan pelabuhan di Tanjung Api-Api, seperti disiapkan jalur kereta api dan jalan tolnya.

"Tadi kami membuka suatu kick off meeting sebagai tindak lanjut dari kunjungan Presiden ke Timur Tengah, di mana saya ditugaskan menjadi penanggung jawab untuk merealisasikan kesempatan-kesempatan kerja sama investasi antara Indonesia-Timur Tengah," kata Sudirman.

Pemerintah daerah Sumatera Selatan dan pihak investor pun tengah mendiskusikannya. Diskusi ini pun turut melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Luar Negeri.

"(Sementara itu), tugas saya adalah menjembatani semua pihak supaya dari waktu ke waktu ada komunikasi yang baik, saling tukar informasi, dan pada saatnya merealisasikan investasi itu," kata dia. (asp)

Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau pelayanan KRL Commuter Line

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

Kebijakan itu sedang digodok oleh Kementerian BUMN dan Perhubungan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016