Pertani Tunggu Pencairan Modal Negara Rp470 Miliar

Petani menanam padi di areal sawah desa Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
VIVA.co.id
Eximbank Tunggu Suntikan Modal Negara Rp2 Triliun
- PT Pertani (Persero) mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp470 miliar untuk tahun 2015. Namun, kucuran dana tersebut tak kunjung tiba.

Tak Dapat PMN Rp2 Miliar, Bulog Siapkan Skala Prioritas
"PMN tahun 2015 belum cair," kata Direktur Utama Pertani, Ilham Setiabudi, ketika dihubungi VIVA.co.id, di Jakarta, Selasa 13 Oktober 2015.

PMN Ditahan, PLN Bisa Cari Pinjaman Bangun Pembangkit
Ilham mengharapkan dana tersebut bisa cair agar program-program perusahaan bisa terlaksana. Misalnya, revitalisasi sarana produksi Pertani.

"Dibilang Bu Menteri (Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno), mudah-mudahan cair November ini," kata dia.

Ilham pun memerinci suntikan modal Rp470 miliar ini, yaitu Rp155 miliar untuk peningkatan kuantitas dan kualitas beras, Rp240 miliar untuk benih padi, dan Rp75 miliar untuk investasi dan revitalisasi sarana-sarana produksi, seperti mesin produksi benih, mesin produksi beras, dan perbaikan gudang-gudang.

Sementara itu, tahun depan, Pertani mendapatkan alokasi dana sebesar Rp500 miliar. Angka ini terdiri atas pengajuan PMN sebesar Rp250 miliar yang disetujui dan tambahan Rp250 miliar yang merupakan alokasi PMN PT Sang Hyang Seri (Persero). 

Dengan suntikan modal sebesar setengah triliun rupiah ini, perusahaan pelat merah ini berencana akan mengalokasikan dana untuk peningkatan produksi beras sebesar Rp150 miliar dan Rp350 miliar untuk peningkatan produksi benih.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya