PMN Ditahan, PLN Bisa Cari Pinjaman Bangun Pembangkit

Petugas PT PLN (Persero) melakukan pemeriksaan rutin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Taman Jeranjang. Lombok, NTB.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Pemerintah menyatakan, pembangunan pembangkit listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam proyek 35 ribu megawatt (MW) akan disesuaikan dengan keuangan perseroan. Kondisi ini mengingat Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2016 ditahan.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Prinsipnya adalah pembangkit yang dibangun PLN sesuai dengan kemampuan perusahaan," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jarman, di Jakarta, Jumat 13 November 2015.
Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok


Jarman mengatakan bahwa bisa saja kapasitas pembangkit yang akan digarap PLN di bawah 5.000 MW. Sebelumnya, PLN ditugaskan membangun 10 ribu MW.


"Tapi, dia (PLN) harus konsentrasi di jaringan transmisi dan distribusi," kata dia.


Jarman mengatakan, PLN masih bisa mendapatkan pendanaan pembangunan proyek dari sumber lain, misalnya pinjaman. Dia mencontohkan, pinjaman yang dilakukan PLN untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau.


Sekadar informasi, PLN telah menandatangani perjanjian kredit sindikasi enam bank dan satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendanai pembangunan PLTU berkapasitas 2x110 MW itu.


"Kondisi keuangan PLN masih memungkinkan untuk mendapat pinjaman-pinjaman," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya