Menteri Basuki: Masih Ada 65 Waduk Baru Siap Dibangun

Peresmian Waduk Jatigede
Sumber :
  • Antara/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, memperkirakan masih 65 waduk baru yang akan dibangun di Indonesia. 

Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
“Lima tahun ke depan, setidaknya sudah ada 1.060 jalan tol baru. Kami juga membangun perumahan untuk rakyat yang berpenghasilan rendah dan menengah, serta ada 13 bendungan di tahun ini,” kata Basuki, di Yogya, Jumat 16 Oktober 2015.

Nida Jadi Mahasiswa Termuda UGM
Menurut dia, masalah perekonomian sangat terkait dengan investasi, konsumsi maupun ekspor-impor. Melihat kondisi tersebut, alumni jurusan geologi memiliki kesempatan untuk berkiprah lebih banyak khususnya yang terkait dengan infrastruktur.

Kementerian PUPR Terseret Kasus Suap Damayanti
“Keleluasaan bidang infrastruktur ini sangat erat kaitannya dengan keterlambatan perekonomian Indonesia,”  kata dia.

Sementara itu, Rektor UGM, Prof. Dwikorita Karnawati mengatakan Universitas Gadjah Mada saat ini, tengah fokus untuk mencapai socio entrepreneur university.

Dwikorita mencontohkan, karakter socio entrepreneur university ini bisa dipupuk mahasiswa jurusan geologi melalui kecermatannya dalam pemetaan.

“Karakter dapat dibentuk melalui pemetaan ideologi hingga memetakan risiko. Pemetaan ideologi seperti mata kuliah dasar yang sangat penting untuk membangun karakter,” tuturnya. 

Menurut Dwikorika, menyiapkan pembangunan untuk masa depan Indonesia tidak cukup hanya dengan penelitian, tetapi sekaligus dengan menggandeng industri. 

"UGM sudah memulainya, misalnya dengan membangun teaching industry di Kulonprogo," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya