Hari Ini, Jokowi Resmikan Jembatan Senilai Rp1 Triliun

Jembatan Kapuas Tayan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Jembatan Kapuas Tayan sepanjang 1.650 meter di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, rencananya akan diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari ini, Selasa 22 Maret 2016. 

Guncangan Jembatan Roboh di Manggarai Terasa Seperti Gempa
Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jembatan Tayan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yudha Handita mengatakan, jembatan dengan nilai investasi sebesar Rp1,03 triliun tersebut dalam kondisi siap untuk diresmikan.
 
Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
Pihaknya telah melakukan uji coba, dengan cara membuka jembatan untuk dapat dilintasi kendaraan sejak 19 Februari 2016.
 
Kementerian PUPR Terseret Kasus Suap Damayanti
“Kita telah lakukan open traffic (lalu lintas terbuka) bagi pengguna jalan. Trial dilakukan selama dua minggu dan tidak ditemukan masalah, sehingga penggunaan jembatan kita lanjutkan hingga saat ini,” kata Yudha ketika dihubungi, Senin 21 Maret 2016.
 
Dalam rangka persiapan peresmian, Jembatan Kapuas Tayan ditutup sementara, sejak pukul 00.00, Senin. Untuk dua hari ini, para pengendara yang akan melintas diminta untuk dapat menggunakan kapal ferry yang disediakan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan.
 
Sebelum ada Jembatan Kapuas Tayan, penyeberangan untuk orang dan motor, mengunakan motor tambang (perahu klothok) dengan waktu tempuh lebih dari 10 menit ditambah waktu antrenya. Sementara itu, untuk roda empat atau truk menggunakan kapal ferry, dengan waktu tempuh 20 menit plus waktu antrenya.
 
Yudha menjelaskan, para pengguna ferry harus membayar ongkos yang cukup mahal sekitar Rp100 ribu-Rp150 ribu untuk satu kali penyeberangan. Sementara itu, untuk truk bermuatan penuh bisa mencapai Rp230 ribu sekali menyeberang. “Karena itu, mereka terbantu sekali dengan adanya jembatan ini,” ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya