Satelit LAPAN-A2 Sudah Bertengger di Orbit

Thomas Djamaluddin 3
Sumber :
VIVA.co.id
Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa
- Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), LAPAN A-2 telah meluncur ke luar angkasa hampir sebulan lalu. Bagaimana kabar satelit itu saat ini?

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Sebelumnya, usai diluncurkan dari India, Lapan menegaskan satelit yang punya misi komunikasi dan pengawasan wilayah RI itu butuh waktu beberapa pekan untuk bisa beroperasi. Setelah sampai di antariksa, satelit itu butuh penyesuaian sikap dan komponen, baterai, kamera, serta lainnya.
NASA Gandeng LAPAN, Observasi Gerhana Matahari Total


Terkait hal ini, Ketua Lapan, Thomas Djamaluddin, Rabu 21 Oktober 2015 mengatakan, perkembangan satelit sudah cukup baik.


"Satelit LAPAN-A2-ORARI sudah berada di orbit pada ketinggian 650 kilometer dari permukaan Bumi. Fasilitas untuk radio amatir sudah berfungsi baik dan sudah digunakan oleh pengguna radio amatir," tulis Thomas kepada
VIVA.co.id
melalui pesan instan.


Sayangnya untuk kamera, kata dia, masih belum sempurna. Sebab pengaturan fokus kamera satelit masih harus dilakukan mengingat ada perubahan akibat getaran saat peluncuran. Maka dari itu, satelit Lapan tersebut belum bisa berkontribusi dalam pengamatan kabut asap serta titik api kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.


"Belum bisa. Karena
settingan
belum selesai," kata dia.


Thomas mengatakan saat ini pengaturan satelit penerus LAPAN-A1 itu hampir rampung.


"Saya baru dapat info,
setting
sistem satelit hampir tuntas.
Setting
sistem lainnya juga masih berlangsung.
Setting
diprakirakan tuntas tidak lama lagi," tulisnya.


Meski pengaturan sistem belum selesai, Thomas mengatakan, LAPAN-A2 sudah bisa melintasi wilayah Indonesia sesuai yang dijadwalkan sebelum peluncuran.


"Satelit di orbit sesuai rencana. Melintas Indonesia 14 kali sehari. Kami merencanakan segera menginformasikan hasil awal satelit LAPAN-A2 kepada publik," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya