Peremajaan Kilang Cilacap dan Balikpapan Telan Rp135 Triliun

Sumber :
  • Pertamina
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, mengungkapkan peremajaan kilang minyak Cilacap dan kilang Balikpapan menelan dana ratusan triliun rupiah.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
"Kilang Balikpapan investasinya US$5 miliar dan kilang Cilacap US$5 miliar. Totalnya US$10 miliar atau Rp135 triliun dan diharapkan bisa selesai lima tahun ke depan," kata Dwi, di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
Sementara itu, Direktur Pengolahan Pertamina, Rahmad Hardadi, mengatakan bahwa Pertamina menggandeng investor asing untuk program peremajaan kilang Pertamina--refinery development master plan (RDMP). 

Untuk kilang Cilacap, Pertamina bekerja sama dengan Saudi Aramco. Pertamina pun memegang share mayoritas dalam peremajaan kilang itu, yaitu sebesar 60-65 persen.

"Untuk kilang Balikpapan, Pertamina bekerja sama dengan JX Nippon. Sharenya Pertamina 70 persen dan JX Nippon 30 persen," kata Rahmad.

Rahmad mengatakan, bahwa produksi kedua kilang tersebut akan bertambah setelah ada revitalisasi kilang. Produksi kilang Cilacap akan bertambah dari 348 ribu barel per hari (bph) menjadi 370 ribu bph.

"Produksi kilang Balikpapan meningkat dari 250 ribu bph menjadi 360 ribu bph," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya