Kenaikan Tarif Tol Tangerang-Merak Paling Tinggi

Sumber :
  • ANTARA FOTO/M.Ali Khumaini
VIVA.co.id
Mulai 30 Agustus, GT Senayan Hanya Layani e-Toll
- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk melakukan kenaikan tarif tol pada tanggal 1 November 2015 di 15 ruas Jalan Tol di Indonesia. Ada pun hitungan besaran kenaikan tarif tol adalah berdasarkan inflasi di tiap daerah.

Hati-hati Transaksi Tol, Ada Mobil Pribadi Bayar Tarif Truk
Jika melihat inflasi wilayah dalam 15 ruas tol tersebut, ternyata Jalan Tol Tangerang-Merak menempati peringkat inflasi tertinggi dibanding wilayah lainnya.

Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
"Tol Tangerang Merak, memang tol yang berada di wilayah yang laju inflasinya tertinggi," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk, Kristanto Priambodo di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat 30 Oktober 2015.

Di temui di tempat yang sama, Direktur PT Marga Mandalasakti, Wiwiek D. Santoso, sebagai pengelola ruas tol Tangerang-Merak, mengatakan penghitungan penetapan tarif dihitung sesuai tiga wilayah yang dilewati. Ada pun yang dilewati adalah Tangerang (inflasi 12,89 persen), Cilegon (inflasi 13,02 persen), dan Serang (inflasi 14,78 persen).

"Artinya, jika dirata-rata, Tangerang-Merak inflasi yang digunakan 14,64 persen. Kemudian, disesuaikan dengan jarak panjang tol Tangerang-Merak. Pergitungannya seperti itu," Kata dia.

Dari data yang dirangkum, besaran tarif tol pada jalan tol Tangerang-Merak berdasarkan jarak terjauh, untuk Golongan I Rp41.500, Golongan II Rp.57.500, Golongan III Rp.68.000, Golongan IV Rp89.500, dan Golongan V Rp108.000.

Seperti diketahui, Jasa Marga mengumumkan penyesuaian tarif tol di sejumlah ruas tol di Indonesia. Penyesuaian tarif tol ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 November 2015 dan berlaku di 15 ruas jalan tol di  seluruh Indonesia.

Kristanto mengatakan,penyesuaian tarif ini adalah rutin dilakukan setiap dua tahun sekali. Menurutnya, Hal ini didasari pada Keputusan Menteri PUPR Nomor 507/KPTS/M/2015 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada beberapa Ruas Jalan Tol. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya