Menkominfo: Refarming 1800 MHz Rampung 16 November

Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya
- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menjabarkan proses refarming (tata ulang) di pita frekuensi 1800 MHz. Proses tersebut dikatakan akan selesai pada pertengahan November ini.

Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi

Pernyataan itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya, @rudiantara_id. Disampaikan Rudiantara, terhitung sejak 3 November lalu, refarming sudah mencapai wilayah Jawa Barat 1, Purwakarta, dan Banten. Pada proses tersebut tidak terjadi fallback functionality and performance.
Resmi, Telkomsel Selimuti Dua Kota Ini dengan 4G LTE


"Secara keseluruhan proses migrasi sudah menyelesaikan 39 dari 42 cluster seluruh Indonesia," tulis dia lengkap dengan hashtag #1800MHz.


Itu artinya, dia melanjutkan, progres sudah mencapai 92,8 persen.


"Tinggal 7,2 persen lagi :) #1800MHz," tambah Rudiantara, seperti dikutip Jumat, 6 November 2015..


Tiga cluster lagi, yang dimaksud Rudiantara, yakni mencakupi wilayah Sukabumi, Jakarta 1 (Outer), dan Jakarta 2 (Inner). Ini akan dilakukan segera. Diharapkan sisa cluster yang akan di tata ulang rampung pada 16 November.


"Maka proses migrasi itu lebih maju dari awal yang telah ditetapkan tanggal 23 November. Implementasi cluster-cluster sisa, Step 1 Sukabumi dan Jakarta 2 (Outer) dilaksanakan 9 Nov. Step 2 n 3 dilaksanakan 11 November. #1800MHz," ujar Chief RA, begitu ia disapa.


Sementara, satu cluster lagi di Jakarta 1 (Inner) dijadwalkan akan dieksekusi pada tanggal 13 November. Sedangkan Step 2 dan 3 dilakukan di tanggal 16 November 2015.


"Salut dan terimakasih untuk tim dari Kominfo dan operator yang bekerja keras dan kompak mewujudkan percepatan refarming #1800MHz ini," tutup Rudiantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya