Tips Cegah Rambut Tumbuh ke Dalam Kulit

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial
- Rambut yang tumbuh ke dalam kulit merupakan rambut yang menggulung kembali ke akarnya sendiri. Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada orang-orang yang memiliki rambut keriting.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Pada rambut yang tumbuh ke dalam, akan terlihat seperti benjolan kecil pada kulit. Hal tersebut terjadi ketika rambut tumbuh dalam folikel rambut bukan di luar folikel. Sehingga akan terasa menyakitkan ketika tersentuh dan juga menyebabkan infeksi bila tidak diobati.
8 Cara Alami dan Aman Atasi Kutu Rambut


Dilansir dari laman
Boldsky
, gejala lain yang terjadi adalah warna kulit menggelap di sekitar rambut yang tumbuh ke dalam, luka kecil bernanah dan melepuh, serta rasa nyeri dan gatal. Perlu diketahui, beberapa penyebab rambut tumbuh ke dalam dikarenakan metode pencukuran yang tidak teratur.


Ahli dermatologists menyatakan, selama
waxing
atau mencukur, kulit tidak sepenuhnya ditarik untuk menghilangkan bulu. Hal tersebut yang membuat rambut terdorong kembali, sehingga masuk ke dalam kulit setelah dicukur.


Bercukur membuat ujung rambut jadi tajam, terutama jika rambut dalam kondisi kering saat dicukur. Ketika mulai tumbuh kembali, rambut ini akan melengkung ke arah kulit dan menusuk masuk. Jika rambut dicukur sampai habis, rambut ini dapat tumbuh ke dalam kulit tanpa pernah tumbuh ke luar kulit. Kondisi ini disebut transfollicular penetration.


Untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam, adalah mengikuti instruksi tertentu sebelum dan sesudah waxing. Sementara mencukur kaki dan tangan, cukurlah ke arah pertumbuhan rambut dan tidak berlawanan.


Setelah mencukur, pijat daerah bekas cukuran dengan krim buatan sendiri seperti, madu dan garam. Cara ini diyakini dapat membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam.


Sebelum
waxing
tangan dan kaki, sebaiknya bersihkan daerah tersebut dengan sabun untuk menghilangkan semua kotoran dan partikel debu pada kulit. Cara ini juga dipercaya dapat mencegah infeksi setelah pencukuran.


Sebelum
waxing
atau mencukur, lakukan pengelupaskan kulit dengan scrub selama 10 menit. Setelah kulit bebas dari rambut yang tumbuh ke dalam, bersihkan lagi dengan air hangat. Cara ini dilakukan agar rambut tidak lagi masuk ke dalam kulit. Jika dirasa perlu, olesi kulit dengan salep antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya