Jokowi Dijadwalkan Hadiri Peresmian LTE 1800 MHz

Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya
- Proses tata ulang
(refarming)
XL Perluas Layanan 4G LTE di 35 Kota, Ini Daftar Lengkapnya
pada pita frekuensi 1800 MHz 4G Long Term Evolution
Ada Isu Perang Tarif 4G, KPPU Panggil Operator
(LTE) dijadwalkan akan rampung pada 16 November 2015. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan penggunaan 4G LTE di frekuensi tersebut.

Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Muhammad Budi Setiawan. Selain Jokowi, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama juga dijadwalkan hadir.


"Hingga pertengahan November 2015, seluruh wilayah di 42 cluster tersebut telah dapat menggunakan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz. Sesuai jadwal maka penataan akan dimulai tujuh hari sebelum tenggat target selesainya penataan. Ini berarti, ya, malam tanggal 9 November," ujarnya dikutip dari situs Kominfo, Selasa, 10 November 2015.


Iwan menyebutkan, saat ini ada 40 cluster yang sudah dilakukan
refarming
. Menurut dia, proses tersebut berjalan dengan baik dan tanpa kendala hingga akhirnya mencapai cluster terakhir di Jakarta.


"Saya yakin penataan di Jakarta akan berlangsung dengan lancar," tuturnya.


Diketahui, penataan di 1800 MHz ini dilakukan oleh empat operator, yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchinson 3 (Tri). Proses
refarming
diawali di kawasan Indonesia bagian timur, lalu berakhir di Jakarta.


Sejatinya, jadwal penataan ditargetkan selesai pada 23 November. Rencana peresmian 16 November, berarti dimajukan dari rencana semula. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya