RESEP: Membuat Roti Cepat dan Mudah dengan Microwave

Microwave.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Enam Fungsi Lain Microwave yang Jarang Diketahui
- Saat pertama kali diciptakan, microwave memang menjadi peranti masak yang berfungsi sebagai penghangat makanan yang bekerja super cepat. 

RESEP: Smoothies Pelangi Segar Ala Sisca Soewitomo
Namun, seiring perkembangan dunia teknologi, kini telah hadir microwave oven yang dilengkapi beberapa fitur tambahan sehingga mampu memasak makanan dan bahkan memanggang kue.

RESEP: Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Buatan Rumah
Ya, Anda tak salah dengar. Anda bisa memasak makanan seperti daging, telur, mi instan hingga kue di dalam microwave dengan waktu cukup beberapa menit.

Anda pun bisa membuat roti tawar sendiri. Anda dijamin tak akan merasa repot seperti ketika membuat roti biasa. Roti ini bahkan bergaya muffin khas Inggris yang lezat.

Meski begitu, Anda tetap harus melibatkan proses pembuatan roti pada umumnya. Soal resep, tentu sedikit berbeda dari yang biasanya. Untuk itu, yuk belajar membuat roti cepat dan mudah dengan microwave. Berikut ini adalah resep lengkapnya seperti dilansir dari Daily Meal.

Roti Tawar Microwave

Bahan-bahan

-1 1/2 sdm ragi instan
-1/2 cangkir air hangat
-2 1/2 cangkir susu hangat
-5 cangkir tepung terigu
-1 sdm gula pasir
-2 sdt garam
-1/4 sdt soda kue
-1 sdm air hangat

Cara membuat

1. Larutkan ragi instan dengan 1/2 cangkir air hangat di dalam mangkuk berukuran besar. Tambahkan susu dan aduk rata. Sisihkan.

2. Di mangkuk lainnya, masukkan 3 cangkir tepung terigu, gula pasir dan garam. Aduk rata.

3. Campurkan tepung terigu dengan adonan ragi kemudian aduk hingga rata.

4. Tambahkan sisa 2 cangkir tepung terigu dan kembali aduk rata. Saat ini adonan akan terasa lebih padat dan kaku.

5. Tutupi adonan dengan kain basah dan simpan di ruangan yang hangat selama kurang lebih satu jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat lebih besar.

6. Jika adonan telah mengembang, larutkan soda kue dengan 1 sdm  air hangat. Masukkan ke dalam mangkuk berisi adonan yang telah mengembang, aduk rata.

7. Bagi dua adonan dan letakkan di dalam dua loyang kaca yang telah diolesi dengan minyak. Tutupi dengan kain basah dan diamkan selama setidaknya 45 menit atau hingga mengembang dua kali lipat lebih besar.

8. Masukkan adonan ke dalam microwave dan panggang selama 3 menit dalam suhu tinggi. Putar posisi loyang dan masak kembali selama 3 menit. Diamkan selama beberapa saat hingga roti dingin.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya